72 Tahun Indonesia Kerja Bersama

171 views

72 Tahun Indonesia Kerja BersamaIndonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak kepulauan dengan bermacam suku dan budaya. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang pesat perkembangan nya di wilayah Asia Tenggara. Negara kita, negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang sangat menjunjung tinggi persatuan, kesatuan dan kemajemukan dalam berbangsa dan bernegara. Dengan keanekaragaman Agama, Suku, Ras dan Budaya, Indonesia dapat bersatau padu dalam bekerja bersama membangun Indonesia yang lebih baik dari waktu ke waktu dan dari masa kemasa.

Hingga saat ini kita telah merasakan 72 tahun Republik Indonesia merdeka, hasil jerih payah kemerdekaan yang kita rasakan selama 72 tahun ini bukanlah merupakan hasil kerja dalam kurun waktu tahunan atau puluhan tahun. Indonesia dalam mencapai kemerdekaan telah bekerja sama lebih dari ratusan tahun, sejak zaman penjajahan belanda, Indoenesia telah bekerja sama, bekerja dengan seluruh tumpah dara, bekerja dengan segenap jiwa dan raga, untuk satu tujuan “Indonesia Merdeka”.

Dapat kita lihat pada catatan sejarah, lahirnya Pancasila tidak lepas dari hasil kerja sama seluruh warga negara Indonesia untuk memperjuangkan hak kehidupan “berbangsa dan Bernegara” yang menjadi ideologi dasar negara dan menjadi rumusan dan dasar Negara Kesatuan Indonesia yang berasaskan kepada “ketuahan yang maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesa, Kerakyatan yang dipimpim oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakya Indonesia.

72 tahun Indonesia Merdeka, dan selama 72 tahun pula Indonesia bekerja sama  untuk terus membangun Indonesia menjadi negara yang semakin maju dan berkembangan, untuk itu mari bersama!, kita mengambil peran untuk membangun Indonesia, mulailah dengan hal yang terkecil yaitu bekerja sama dengan diri kita sendiri dan lingkungan sekitar hingga suatu saat bersama kita mampu melakukan hal-hal besar yang menjadikan diri kita dan negara kita Indonesia menjadi bangsa yang semakin besar adil, makmur dan sejahtera.

BACA JUGA  PENGERTIAN, FAKTOR DAN MODEL PENDEKATAN ANALISIS SWOT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *