BADAN INTERNASIONAL YANG MENGATUR JUAL BELI OFFLINE DAN JUAL BELI ONLINE

168 views

BADAN INTERNASIONAL YANG MENGATUR JUAL BELI OFFLINE DAN JUAL BELI ONLINE

Ada beberapa upaya internasional yang telah dilakukan dalam memformulasikan aturan yang berkaitan dengan ecommerce telah dimulai oleh beberapa organisasi internasional seperti: UNCTAD, UNCITRAL, OECD, dan WTO.
1.    United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD)
UNCTAD
UNCTAD sebagai salah satu badan PBB yang concern dalam bidang perdagangan dan pembangunan Negara-negara dunia ketiga telah memberikan respons yang progresif dalam hal menyikapi perdagangan bebas, terutama yang berbasiskan internet. Upaya-upaya tersebut adalah
seperti berikut:
a.  Mendirikan Global Trade Point Network (GTP Net), yang bertujuan membantu Negara berkembang dalam usaha mendapatkan manfaat serta akses di bidang komunikasi elektronik.
  1. Pendirian TPDC (The Trade Point Develepment Centre) yang dibentuk oleh Mellbourne Institute of Technology, ETOS (The Electronic Trading Opportunities). Pada dasarnya, pendirian provider di bidang komunikasi internet untuk memfasilitasi transaksi bisnis (from contact to contract), artinya berawal dari kontak/hubungan via internet melahirkan suatu kontak atau transaksi antar pengakses
2.    United Nations Commission on International Trade Law (UNCITRAL)
UNCITRAL
UNCITRAL sebagai salah satu badan PBB yang bergerak dalam perdagangan intenasional memandang isu e-commerce ini merupakan suatu mendesak untuk segera dirumuskan rules of law-nya.
3.    OECD (Organization for Economic Coorperation and Development)
OECD
Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh OECD adalah implikasi ecommerce terhadap berbagai hal, di antaranya:
a.  Frame work atau kerangka kebijakan umum
b. Ekonomi informasi
c.  Isi
d. Kemanan, privasi, kriptografi
e.  Akses, kebijakan telekomunikasi
f.   Perusahaan-perusahaan kecil dan menengah
g. Kebijakan mengenai konsumen
h. Perpajakan
i.   Pariwisata
4.    World Trade Organization (WTO)
(WTO)

Organisasi perdagangan dunia (WTO) telah secara aktif menyoroti    perkembangan e-commerce dalam dunia bisnis, yang secara signifikan telah menunjukkan kenaikan nilai transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *