CAPITAL ADEQUITY RATIO TERHADAP KINERJA PROFITABILITAS

135 views
CAPITAL ADEQUITY RATIO TERHADAP KINERJA PROFITABILITAS

Pengertian Capital adequity ratio (CAP)

Capital adequity ratioadalah kecukupan modal yang menunjukan kemampuan bank dalam mempertahankan modal yang mencukupi dan kemampuan bank dalam mengidentifikasi, mengukur, mengawasi, dan mengontrol resiko – resiko yang timbul yang dapat berpengaruh terhadap besarnya modal bank. Perhitungan capital adequity ratio didasarkan atas prinsip bahwa setiap penanaman yang mengandung resiko harus disediakan jumlah modal persentase tertentu (risk margin) terhadap penanamannya.(Kuncoro, 2002, 562)
CAPITAL ADEQUITY RATIO TERHADAP KINERJA PROFITABILITAS

Pengertian Modal

Menurut Zainul Arifin (2002) secara tradisional, modal didefinisikan sesuatu yang mewakili kepentingan pemilik dalam suatu perusahaan. Berdasarkan nilai buku, modal didefinisikan sebagai kekayaan bersih (net worth) selisih antara nilai buku dari aktiva dikurangi dengan nilai buku dari kewajiban (liabilities). Sehingga capital adequity ratio dapat didefinisikan sebagai rasiio kecukupan modal yang dimiliki oleh suatu bank.
Sinungan (1999) mengungkapkan bahwa modal amat penting artinya untuk menjaga kepercayaan masyarakat, karena demikian bank akan dapat menghimpun dana untuk keperluan operasional. Ini berarti modal dasar bank akan bisa digunakan untuk menjaga posisi likuiditas dan investasi dalam aktiva tetap seperti gedung kantor dan perlengkapan kantor modern serta teknologi komputer dan komunikasi yang amat diperlukan bagi bank.
Bank adalah bisnis yang sarat dengan modal, sehingga modal menjadi aspek yang penting bagi perjalanan bisnis yang dilakukan oleh suatu bank. Menurut Johnson and Johnson, modal bank mempunyai tiga fungsi yaitu : (1) sebagai penyangga untuk menyerap kerugian operasional dan kerugian lainnya. (2) sebagai dasar bagi penetapan batas maksimum pemberian kredit. (3) sebagai dasar perhitungan bagi para pertisipan pasar untuk mengevaluasi tingkat kemampuan bank secara relatif untuk menghasilkan keuntungan.
Sementara itu, Brentin C. Leavitt, staff Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika dalam muhamad (2002), dalam kaitannya dengan fungsi modal, menekankan ada empat hal yaitu : (1) untuk melindungi deposan yang tidak diasuransikan. (2) untuk menyerap kerugian yang tidak diharapkan guna menjaga kepercayaan masyarakat bahwa bank dapat terus beroperasi. (3) untuk memperoleh sarana fisik dan kebutuhan dasar lainnya yang diperlukan untuk menawarkan pelayanan bank. (4) sebagai alat pelaksanaan peraturan pengendalian ekspansi aktiva yang tidak tepat.
Menurut Zainul Arifin, tingkat kecukupan modal dapat diukur dengan cara : (1) membandingkan modal dengan dana – dana pihak ketiga. (2) membandingkan modal dengan aktiva berisiko.
Sementara itu, Muhamad (2004) mengungkapkan tentang adanya tradeoff antara likuiditas dengan profitabilitas yaitu dimana bank dihadapkan pada kondisi yang dilematis untuk memilih menjaga likuiditas guna mengantisipasi penarikan permintaan dana yang dilakukan oleh masyarakat yang berdampak pada penurunan kinerja profitabilitas atau memilih profitabilitas yang dapat dicapai dengan memiliki aset yang menghasilkan pendapatan yang tinggi, aset jangka panjang dan operasi bank yang ditopang oleh dana baru yang berdampak pada penurunan tingkat likuiditas bank tersebut.

Kuncoro (2002) menyampaikan bahwa semakin besar CAR maka keuntungan bank juga akan semakin besar. Dengan kata lain, semakin kecil resiko suatu bank maka semakin besar keuntungan yang diperoleh bank.Dengan demikian, manajemen bank perlu untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai CAR sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia (minimal 8 %) karena dengan modal yang cukup maka bank dapat melakukan ekspansi usaha dengan lebih aman.Karena CAR juga biasa disebut rasio kecukupan modal berguna untuk menutup resiko kerugian yang mungkin timbul dari penanaman aktiva – aktiva yang mengandung resiko serta membiayai seluruh benda tetap dan inventaris bank. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *