FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR

2,351 views

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR       Menurut Purwanto 2002 (M. Tabroni dan Arif Mustopa, 2009:31-34), belajar merupakan suatu proses yang menimbulkan terjadinya perubahan atau pembaruhan dalam tingkah laku dan kecakapan. Berhasil atau tidanya perubahan tersebut di pengaruhi oleh berbagai macam faktor yang dibedakan menjadi dua golongan sebagai berikut.
1.    Faktor kematangan pada diri organisme tersebut yang di sebut faktor individual meliputi hal-hal beikut.
a.    Faktor kematangan atau pertumbuhan
     Faktor ini berhubungan dengan erat dengan kematangan atau tingkat pertumbuhan organ-organ tubuh manusia. Pertumbuhan mental anak belum matang untuk menerima pelajaran tersebut. Kegiatan mengajarkan sesuatu baru dapat berhasil jika taraf pertumbuhan pribadi telah memungkinkan, potensi-potensi jasmani, daan rohaninya telah matang.
b.    Faktor kecerdasan atau intelegensi
     Disamping faktor kematangan, berhasil atau tidaknya seseorang mempelajari sesuatu dipengaruhi pula oleh faktor kecerdasan. Demikian pula dalm mempelajari mata pelajaran dan kecakapan-kecakapan lainya.
c.    Faktor latihan dan ulangan
     Dengan rajin berlatih, sering melakukan hal yang berulang-ulang, kecakapan dan pengetahuan yang dimiliki menjadi semakin dikuasai dan makin mendalam. Selain itu, dengan seringnya berlati, akan timbul minat terhadap seauatu yang dipelajari itu. Semakin besar pula perhatiannya sehingga memperbesar hasratnya untuk mempelajarinya. Sebaliknya, tanpa latihan, pengalaman-pengalaman yang telah dimilikinya dapat menjadi hilang atau berkurang.
d.   Faktor motivasi
     Motif merupakan pendorong bagi suatu organisme untuk melakukan sesuatu. Seseorang tidak akan mau berusaha mempelajari sesuatu dengan sebaik-baiknya jika ia tidak mengetahui pentingnya dan faedanya dari hasil yang akan di capai dari belajar.
e.    Faktor pribadi
     Setiap manusia memiliki sifat kepribadian masing-masing yang berbeda dengan manusia lainnya. Ada orang yang mempunyai sifat keras hati, halus perasaannya, berkemauan keras, tekun dan sifat sebaliknya. Sifat-sifat kepribadian tersebut turut berpengaruh dengan hasil belajar yang dicapai. Termasuk kedalam sifat-sifat kepribadian ini adalah faktor fisik kesehatan dan kondisi badan.
2.    Faktor yang ada diluar individu yang disebut faktor sosial. Temasuk  kedalam faktor luar individual atau faktor sosial antara lain sebagai berikut:
a.    Faktor keluarga atau keadaan rumah tangga.
Suasana dan keadaan keluarga yang bermacam-macam turut menentukan bagaimana dan sampai di mana belajar dialami anak-anak. Ada keluarga yang memiliki cita-cita tinggi bagi anak-anaknya, tetapi  ada pula yang biasa-biasa saja. Ada keluarga yang diliputi suasana tentram dan damai, tetapi ada pula sebaliknya. Termasuk, dalam faktor keluarga yang juga turut berperan adalah ada tidaknya atau ketersediaan fasilitas-fasilitas yang diperlukan dalam belajar.
b.    Faktor guru dan cara mengajarnya.
            Saat anak belajar di sekolah, faktor guru dan cara mengajarnya merupakan faktor yang penting. Sikap dan kepribadian guru, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki guru bagaimana cara guru mengajarkan pengetahuan tersebut kepada peserta didiknya turut menentukan hasil belajar yang akan dicapai.
c.    Faktor alat-alat yang digunakan dalm mengajar.
Faktor guru dan cara mengajar berkaitan erat dengan ketersediaan alat-alat pelajaran yang tersedia di sekolah. Sekolah yang memiliki peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam belajar ditambah dengan guruh yang berkualitas akan mempermuda dan mempercepat belajar anak.
d.    Faktor lingkungan dan kesempatan yang tersedia
     Seseorang anak yang memiliki inteligensi yang baik, dari keluarga yang baik, bersekolah di sekolah yang keadaan guruh-guruhnya, dan fasilitasnya baik, belum tentu pula dapat belajar dengan baik. Adakah faktor yang mempengaruhi hasil belajarnya, seperti kelelahan karena jarak rumah dan sekolah cukup jauh, tidak ada kesempatan karena sibuk bekerja, serta pengaruh lingkungan yang buruk yang terjadi di luar kemampuannya.
e.    Faktor motivasi sosia.
Motivasi sosial dapat berasal dari orangtua yang selalu mendorong anak untuk rajin belajar, motivasi dari orang lain seperti dari tetangaga, sanak-saudara, teman-teman sekolah, dan teman sepermainan. Pada umumnya, motivasi semacam ini diterima anak tidak dengan sengaja, bahkan tidak dengan sadar.
   Kemudian Muhibbin Syah (2012:145-146), menambahkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa dapat di bedakan menjadi tiga macam, yakni:
1.    Faktor internal (faktor dari dalam siswa), yakni keadaan/kondisi jasmani dan rohani siswa.
2.    Faktor eksternal (faktor dari luar siswa), yakni kondisi di lingkungan sekitar siswa.
3.    Faktor pendekatan belajar yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang di gunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pembelajaran.
            Faktor-faktor diatas dalam banyak hal sering saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Seorang siswa bersikap conserving terhadap ilmu pengetahuan atau motif ekstrinsik (faktor eksternal) umpamanya, biasanya cenderung mengambil pendekatan belajar yang sederhana dan tidak mendalam. Sebaliknya, seorang siswa berintelegensi tinggi (faktor internel) dan mendapat dorongan positif dari orang tuanya (faktor eksternal), mungkin akan memilih pendekatan belajar yang lebih mementingkan kualitas hasil pembelajaran. Jadi, karena faktor-faktor tersebut diatas, muncul siswa-siswa yang berprestasi tinggi dan berprestasi renda atau gagal sama sekali.
        Dalam hal ini, seorang guruh yang kompeten dan profesional diharapkan mampu mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan munculnya kelompok siswa yang menunjukan gejala kegagalan dengan berusaha mengetahui dan mengatasi faktor yang menghambat proses belajar mereka.
                      Selanjutnya  Abdul hadis dan  Nurhayati (2010:63-65), mengatahkan bahwa, belajar merupakan  suatu aktivitas mental atau psikis dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar tersebut. Faktor yang bersumber dari diri individu disebut faktor intern, dan yang bersumber dari luar diri individu disebut faktor ekstern.
     Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar adalah faktor internal (faktor dari dalam siswa), faktor eksternal (faktor dari luar siswa), dan faktor pendekatan belajar. Serta guru yang profesional diharapkan mampu dan berusaha mengetahui faktor yang menghambat belajar mereka. Oleh karena itu, para guruh di sekolah harus memperhatikan berbagai faktor psikologis tersebut guna meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *