FUNGSI DAN PERANAN PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KELUARGA

2,803 views

      Menurut Hasbullah (2009:39), menyatakan bahwa ada beberapa fungsi dan perananan  di lingkungan kaealuarga yaitu :
a.       Pengalaman pertama masa kanak-kanak
FUNGSI DAN PERANAN PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KELUARGA
Di dalam keluargalah anak didik mulai mengenal hidupnya. Hal ini harus disadari dan dimengerti oleh tiap keluarga, bahwa anak dilahirkan dalam lingkungan keluarga yang tumbuh dan berkembang sampai anak melepaskan diri dari ikatan keluarga Lembaga pendidikan keluarga memberikan pengalaman pertama yang merupakan faktor penting  dalam perkembangan pribadi anak. Suasana pendidikan keluarga ini sangat penting diperhatikan, sebab dari sinilah keseimbangan jiwa di dalam perkembangan individu selanjutnya di tentukan.
b.      Menjamin Kehidupan Emosional Anak
Suasana di dalam keluarga merupakan suasana yang diliputi rasa cinta dan simpati yang sewajarnya, suasana yang aman dan tentram, suasana percaya mempercayai. Untuk itulah melalui pendidikan keluarga ini, kehidupan emosional atau kebutuhan akan rasa kasi sayang dapat dipenuhi atau dapat berkembang dengan baik, hal ini karena ada hubungan darah antara pendidik dengan anak didik.
c.       Menanamkan Dasar Pendidikan Moral
`Di dalam keluarga juga merupakan penanaman utama dasar-dasar moral bagi anak, yang biasanya tercermin dalam sikap dan perilaku orang tua sebagai teladan yang dapat di contoh anak.
d.      Memberikan Dasar Pendidikan Sosial
Di dalam kehidupan keluarga, merupakan basis yang sangat penting dalam peletakan dasar-dasar pendidikan  sosial anak.
e.       Peletakaan Dasar-Dasar Keagamaan

Keluaraga sebagai lembaga pertama dan utama, disamping sangat menentukan  dalam menanamkan dasar-dasar moral, yang tak kalah pentingnya adalah berperan besar dalan proses internalisasi dan transpormasi nilai-nilai keagamaan kedalam pribadi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *