FUNGSI PEMBIAYAAN

4,466 views
FUNGSI PEMBIAYAAN
Pembiayaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian. Secara garis besar fungsi pembiayaan di dalm perekonomian, perdagangan dan keuangan dapat dikemukakan sebagai berikut :
1.    Pembiayaan dapat meningkatan utility (Daya Guna) dari modal/Uang
Para pengusaha menikmati pembiayaan dari bank untuk memperluas usahanya, baik untuk peningkatan produksi, perdagangan, untuk usaha-usaha rehabilitasi, ataupun usaha peningkatan produktivitas secara menyeluruh. Itu semua dari hasil penghimpunan dana oleh bank yang kemudian disalurkan menjadi pembiayaan.
2.    Pembiayaan peningkatan utility (daya guna) suatu barang
Prosedur dengan bantuan pembiayaan dapat memproduksi bahan jadi sehingga utility dari bahan tersebut meningkat, mialnya peningkatan utility kelapa kopra dan selanjutnya akan menjadi minya goreng.
3.    Pembiayaan meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang.
Pembiayaan yang disalurkan melalui rekening-rekening koran pengusaha menciptakan pertambahan peredaran uang giral dan sejenisnya seperti cek, bilyet giro, wesel, promes dsb.21
4.    Pembiayaan dapat mengaktifkan dan meningkatkan manfaat ekonomi yang ada.22
5.    Stabilitas ekonomi.
Dalam ekonomi yang kurang sehat, langkah-langkah stabilisasi diarahkan pada usaha-usaha antara lain :
a.       Pengendalian inflasi
b.      Peningkatan ekspor
c.       Rehabilitasi sarana
d.      Pemenuhan kebutahan-kebutuhan pokok rakyat
FUNGSI PEMBIAYAAN

Untuk menekan arus inflasi dan terlebih-lebih lagi untuk usaha, pembangunan ekonomi, maka pembiayaan memegang peranan yang sangat penting.
6.    Pembiayaan sebagai jembatan untuk peningkatan pendapatan nasional.

Para pengusaha memperoleh pembiayaan dengan tujuan untuk meningkatkan usahanya, peningkatan usaha adalah peningkatan profit. Dengan pendapatan yang terus meningkat berarti pajak perusahaan pun akan terus bertambah. Di pihak lain pembiayaan yang disalurkan untuk merangsang pertambahan kegiatan ekspor akan menghasilkan pertambahan devisa bagi negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *