HAKIKAT, PENGERTIAN, WUJUD DAN UNSUR-UNSUR BUDAYA HAKIKAT BUDAYA

8,526 views
HAKIKAT, PENGERTIAN, WUJUD DAN UNSUR-UNSUR BUDAYA HAKIKAT BUDAYA
Hakikat nudaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsure yang rumit, termasuk system agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
HAKIKAT, PENGERTIAN, WUJUD DAN UNSUR-UNSUR BUDAYA HAKIKAT BUDAYA
DEFENISI/PENGERTIAN BUDAYA
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Budaya atau yang disebut peradaban mengandung pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan suatu bangsa yang kompleks meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat (kebiasaan) dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat. Para ahli sudah banyak yang menyelidiki berbagai budaya. Dari hasil penyelidikan tersebut timbul dua pemikiran tentang munculnya suatu budaya atau peradaban. Pertama anggapan bahwa adanya hukum disebabkan oleh tindakan besar yang menuju kepada perbuatan yang sama dan penyebabnya yang sama. Kedua anggapan bahwa tingkat budaya atau peradaban muncul sebagai akibat taraf perkembangan dan hasil evaluasi masing-masing proses sejarahnya.
Budaya diserap dari bahasa Sansekerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari Buddhi yang berarti budi atau akal. Kebudayaan dapat diartikan segala hal yang bersangkutan dengan budi dan akal. Secara global budaya yang salah satu atau sejumlah unsurnya memiliki kemiripan atau serupa antara satu wilayah budaya. Beberapa pengertian budaya, berbeda dengan pengertian di atas, yaitu:
a.    Budaya adalah cara berfikir dan cara merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan sekelompok manusia yang membentuk kesatuan social (masyarakat) dalam suatu ruang dan waktu.
b.    Budaya adalah sesuatu hal sebagai keseluruhan yang mencangkup pengetahuan kepercayaan, seni, moral, hukum, adat serta kemampuan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.
c.    Budaya merupakan hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya yaitu masyarakat yang menghasilkan tekhnologi dan kebudayaan kebendaan yang terabadikan pada keperluan masyarakat. Rasa yang meliputi jiwa manusia yaitu kebijaksanaan yang sangat tinggi di mana aturan kemasyarakatan terwujud oleh kaidah-kaidah dan nilai-nilai sehingga dengan rasa itu, manusia mengerti tempatnya sendiri, bisa menilai diri dari segala keadannya.
d.   Adapun kata culture yang merupakan kata asing yang sama artinya dengan budaya berasal dari kata latin colere yang berarti mengolah, mengerjakan, terutama mengolah tanah atau bertani. Dari arti ini berkembang arti culture sebagai segala daya upaya serta tindakan manusia untuk mengolah tanah dan merubah alam.
HAKIKAT, PENGERTIAN, WUJUD DAN UNSUR-UNSUR BUDAYA HAKIKAT BUDAYA
WUJUD-WUJUD BUDAYA
Wujud budaya diuraikan sebagai berikut:
a.    Budaya merupakan suatu kompleks ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-noma, peraturan-peraturan, dan sebagainya. Hal ini merupakan wujud ideal dari kebudayaan, akan tetapi bersifat abstrak sehingga tidak dapat diraba atau difoto. Wujud dari kebudayaan ini  kadang dapat kita temukan dalam bentuk karangan atau tulisan. Gagasan yang telah ada saling berkaitan satu sama lain dan membentuk sistem budaya (cultural system). Nama lain untuk wujud kebudayaan ini adalah adat atau adat istiadat (jamak).
b.    Wujud budaya ini disebut juga dengan sistem sosial (social system) yaitu pola-pola tindakan manusia, misalnya berinteraksi, berhubungan, bergaul, dan sebagainya. Rangkaian aktivitas ini dapat kita temukan di sekitar kita dan bersifat konkret sehingga dapat diobservasi, difoto, serta didokumentasikan.
c.    Wujud yang terakhir dari budaya disebut sebagai kebudayaan fisik. Kebudayaan fisik merupakan hasil fisik dari aktivitas, perbuatan dan karya seluruh manusia. Bersifat paling konkrit daripada dua wujud kebudayaan sebelumnya dan dapat didokumentasikan.
Ketiga wujud dari kebudayaan yang terurai diatas, dalam kenyataan kehidupan masyarakat tentu tak terpisahkan satu sama lain. Kebudayaan ideal dan adat isiadat mengatur dan memberikan arah kepada tindakan dan karya manusia. Baik pikiran, ide maupun tindakan dan karya manusia, menghasilkan benda-benda kebudayaan fisiknya. Begitu juga sebaliknya, kebudayaan fisik membentuk suatu lingkungan hidup tertentu yang makin lama makin menjauhkan manusia dari lingkungan alamiahnya sehingga mempengaruhi pola perbuatan dan cara berpikirnya.
HAKIKAT, PENGERTIAN, WUJUD DAN UNSUR-UNSUR BUDAYA HAKIKAT BUDAYA
UNSUR-UNSUR BUDAYA
Tujuh unsur budaya yang dianggap sebagai Cultural Universals, yaitu:
a.    Peralatan dan perlengkapan hidup manusia (pakaian, perumahan, alat-alat rumah tangga, senjata, alat-alat produksi, transport dan sebagainya).
b.    Mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan sebagainya).
c.    Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, system perkawinan).
d.   Bahasa (lisan maupun tertulis).
e.    Kesenian (seni rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya).
f.     Sistem pengetahuan.
BACA JUGA  NILAI MORAL DAN JENIS NILAI MORAL

g.    Religi (sistem kepercayaan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *