Hasil Belajar

141 views
      Untuk download file Microsoft Word nya Clik “disini
“Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar”

Keller memandang” bahwa hasil belajar sebagai keluaran suatu sistim pemprosesan berbagai masukan yang berupa informasi”

      “Hasil belajar merupakan hasil interaksi tindak belajar dan tindak mengajar” .

      ”Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”

      ”Hasil belajar mengajar tercermin dalam perubahan perilaku baik secara material subtansial, struktural-fungsional, maupun secara behavior” 

       ”Hasil belajar ini menyatakan apa yang akan dapat dilakukan atau dikuasai siswa sebagai hasil pelajaran itu, akan tetapi tidak mencakup semua komponen tujuan instruksional khusus”

      ”Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajarannya dinyatakan berhasil apabila hasilnya memenuhi tujuan instruksional khusus dari bahan tersebut”

“Hasil itu merupakan pengetahuan “asli” atau “otentik” pengetahuan hasil proses belajar itu bagi siswa itu seolah-olah merupakan bagian kepribadian bagi diri setiap siswa sehingga akan dapat mempengaruhi pandangan dan caranya mendekati suatu permasalahan, Sebab pengetahuan itu dihayati dan penuh makna baginya” .

       “Hasil belajar ini sendiri terdiri dari beberapa aspek, sehubungan dengan ini Bloom memberikan taksonomi sebagai berikut :
1)     Ranah Kognitif
      Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berpikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang dimaksud  adalah:
 a. Pengetahuan/hafalan/ingatan.
 b. Pemahaman
 c. Penerapan (aplikasi)
 d. Analisis (pengkajian)
 e. Sintesis
 f.  Evaluasi (penilaian)
2)    Ranah Afektif
      Ranah afektif adalah sikap ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif ini dibagi ke dalam lima jenjang, yaitu:
a. Menerimaan atau memperhatikan (receiving atau attending)
b. Menanggapi (responding)
c. Menilai = menghargai (valuing)
d. Mengatur atau mengorganisasikan (organizing)
e. Karakteristik dengan suatu nilai atau komplek nilai
3)    Ranah Psikomotor
      Ranah psikomotor adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.”      

BACA JUGA  PENGERTIAN ACCOUNT OFFICER

      Belajar merupakan suatu proses dimana seseorang berusaha untuk memperoleh suatu perubahan yang relatif mantap dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak yang berhasil dalam belajar adalah yang berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau tujuan instruksional.

      Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri anak dan faktor yang berasal dari lingkungan.

      Faktor yang berasal dari dalam diri ada empat yaitu:
1. Motivasi atau nilai-nilai
2. Harapan untuk berhasil
3. Inteligensi dan penguasaan awal
4. Evaluasi kognitif terhadap kewajaran atau keadilan konsekuensi

      Faktor yang berasal dari lingkungan ada tiga yaitu:
1. Rancangan dan pengelolaan motivasional
2. Rancangan dan pengelolaan kegiatan belajar
3. Rancangan dan pengelolaan ulangan penguatan

      Hasil belajar sebagai tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam menguasai suatu mata pelajaran setelah mengikuti proses. Untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut seorang guru dapat memberikan tes. Kemudian tes tersebut akan dievaluasi oleh guru yang bersangkutan. Sehingga guru mengetahui sejauh mana siswa menguasai suatu materi pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *