HASIL BELAJAR

167 views

HASIL BELAJARMenurut Suprijono (2009:5-6), hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian, sikap-sikap, apresiasi, dan keterampilan. Merujuk pemikiran Gagne, hasil belajar berupa hal berikut.
1.        Informasi verbal, yaitu kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemamouan merespons secara spesifik. Kemampuan tersebaut tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah, maupun penerapan aturan.
2.   Keterampilan intelektual, yaitu kemampuan yang mempersentasikan konsep dan lembaga. Keterempilan intelektual terdiri dari kemampuan magategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep, dan mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas.
3.  Strategi kognif, yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya. Kemampuan ini meliputi penggunaan konsep dan kaida dalam memecahkan masalah.
4.        Keterampilan motorik, yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani.
5.    Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.
            Menurut Purwanto (2013:38-46), mengatakan bahwa belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Lebih lanjut Winkel 1999 (Purwanto, 2013:39), menjelaskan bahwa Belajar adalah aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkunganya yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap.
            Proses pembelajaran terjadi karena adanya sesesuatu yang mendorong dan ada suatu tujuan yang akan di capai. Prinsip ini mengandung makna bahwa aktivitas pembalajaran itu terjadi karena ada sesuatu yang mendorong dan sesuatu yang ingin dicapai. Hasil belajar tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran, dengan menggunakan skala nilai berupa huruf, kata atau simbol.
            Menurut Nana Sudjana (2009:39), hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari dalam diri siswa itu dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan. Faktor yang datang dari diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang di capai. Seperti dikemukakan oleh Clark bahwa hasil belajar siswa di sekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa 30% dipengaruhi oleh lingkungan.
            Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor yang berasal dari diri individu itu sendiri dan faktor yang berada di luar dirinya yang dapat menentukan atau mempengaruhi hasil belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *