JENIS JUAL BELI ONLINE

613 views
JENIS JUAL BELI ONLINE

Terdapat 5 jenis Jual Beli online/e-commerce

1.    Business to Business
Transaksi business to business atau yang sering disebut sebagai B to B adalah tansaksi antar perusahaan (baik pembeli maupun penjual adalah perusahaan). Biasanya di antara mereka telah saling mengetahui satu sama lain dan sudah terjalin hubungan yang cukup lama. Pertukaran
informasi hanya berlangsung di antara mereka dan pertukaran informasi itu didasarkan pada kebutuhan dan kepercayaan.
2.    Business to Customer
Business to Customer atau yang dikenal dengan B to C adalah transaksi antara perusahandengan konsumen/individu.
3.    Customer to Customer
Customer to Customer ini adalah transaksi di mana individu saling menjual barang pada satu sama lain.
4.    Customer to Business
Customer to Business yaitu transaksi yang memungkinkan individu menjual barang pada perusahaan.
5.    Customer to Government
Customer to Government adalah transaksi di mana individu dapat melakukan transaksi dengan pihak pemerintah, seperti membayar pajak.
Transaksi jual beli e-commerce juga merupakan suatu perjanjian jual beli sama dengan jual beli konvensional yang biasa dilakukan masyarakat. Hanya saja terletak perbedaan pada media yang digunakan.
Pada transaksi e-commerce, yang dipergunakan adalah media elektronik yaitu internet. Sehingga kesepakatan ataupun perjanjian yang tercipta adalah melalui online. Dalam setiap transaksi jual beli pasti terjadi kesepakatan penawaran dan penerimaan antara penjual dan pembeli.
Tawaran merupakan sebuah tawaran jika pihak lain memandangnya sebagai suatu tawaran. Dalam teori ekonomi dikatakan bahwa hukum penawaran berbunyi, makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang tersebut yang ditawarkan oleh para penjual, sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual Dalam transaksi e-commerce, khususnya B to C, yang melakukan penawaran adalah merchant atau produsen/penjual.
Para merchant/penjual tersebut memanfaatkan website untuk menjajakan produk dan jasa pelayanan. Produsen juga lebih mudah dalam menyediakan katalog produknya, cukup mencantumkan di halaman website, sehingga konsumen juga lebih mudah dalam berbelanja. Namun transaksi tidak hanya dilakukan melalui website atau situs saja, tetapi dapat dilakukan transaksi melalui chatting dan video conference, transaksi melalui e-mail.
Transaksi melalui chatting atau video conference adalah seseorang dalam menawarkan sesuatu dengan model dialog interaktif melalui internet, seperti melalui telepon; chatting dilakukan melalui tulisan sedang video conference dilakukan melaui media elektronik, di mana orang dapat melihat langsung gambar dan mendengar suara pihak lain yang melakukan penawaran dengan menggunakan alat ini.
Transaksi dengan menggunakan e-mail dapat dilakukan dengan cara mudah. Dalam hal ini kedua pihak harus sudah memiliki e-mail address. Selanjutnya, sebelum melakukan transaksi, customer sudah mengetahui e-mail yang akan dituju dan jenis barang serta jumlah yang akan dibeli. Kemudian customer menulis nama produk dan jumlah produk, alamat pengiriman, dan metode pembayaran yang digunakan. Customer selanjutnya akan menerima konfirmasi dari merchant mengenai order barang yang dipesan.

Penawaran dalam sebuah website biasanya menampilkan barangbarang yang ditawarkan, harga, nilai rating atau poll otomatis tentang barang yang diisi oleh pembeli sebelumnya, spesifikasi tentang barang termaksud dan menu produk lain yang berhubungan.17 Penawaran melalui media internet hanya dapat terjadi apabila seseorang membuka situs yang menampilkan sebuah tawaran melalui internet tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *