KEDUDUKAN EVALUASI DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN

924 views

KEDUDUKAN EVALUASI DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN
Menurut pengertian modern, kurikulum meliputi segala aspek kehidupan dan lapangan hidup manusia dalam masyarakat modern ini yang dapat dimasukk an ke dalam tanggung jawab sekolah, yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan pribadi murid serta memberi sumbangan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat.
Dan pengertian tersebut di atas jelaslah bahwa kurikulum bukan hanya apa yang tercantum di dalam “Buku Pedoman Kerja” atau “Garis-garis Besar Program Pengajaran”, melainkan mencakup semua kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan sekolah, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka kurikulum sekolah diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan harus sejalan dengan tuntutan pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia.
Seperti yang telah digariskan di dalam Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), pembangunan di bidang pendidikan didasarkan atas Falsafah Negara Pancasila diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila; manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, manusia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, memiliki kreativitas dan tanggung jawab, bersifat demokratis, penuh tenggang rasa, berbudi pekerti yang luhur, cinta bangsa dan sesama manusia, sesuai dengan ketentuan yang termasuk di dalam Undang-Undang Dasar 1945.
Di dalam Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nas ional, Bab II Pasal 4 dinyatakan:
“Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandini serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.”
Bagaimana hubungan tujuan pendidikan yang menjadi tanggung jawab sekolaH dengan tujuan Pendidikan Nasional yang telah digariskan pemenintah telah digambarkan secara bagan sepenti berikut:
1.      Tujuan Pendidikan Nasional yaitu tujuan pendidikan seperti yang telah dig ariskan di dalam UUD 1945, dituangkan pula dalam Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan diperjelas lagi di dalam GBHN. Tujuan Pendidikan Nasional mi merupakan dasar dan pedoman bagi semua lembaga pendidikan dan mulai taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.
2.      Tujuan Institusional, yaitu tujuan pendidikan yang disesuaikan dengan jenis dan tingkatan sekolah masing-masing. Tujuan Institusional ini tercantum di dalam kurikulum sekolah atau lembaga pendidikan, dan menggambarkan secara umum hasil anak didik (manusia) yang bagaimanakah yang harus dicapai setelah menyelesaikan belajarnya di sekolah atau lembaga itu. Dengan demikian, tujuan Institusional STM, MA tidak sama denganSMEA, dan sebagainya.
3.      Tujuan Kurikuler, yaitu tujuan kurikulum sekolah yang telah dirinci menurut bidang studi, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran. Meskipun tujuan institusional sekolah yang sejenis itu sama, tiap bidang studi mempunyai tujuan masing-masing yang berbeda. Namun, tidak boleh kita lupakan bahwa baik Tujuan Kurikuler maupun Tujuan Institusional merupakan penjabaran dan Tujuan Umum sehingga tidak boleh menyimpang
dan atau bertentangan dengan Tujuan Umum.
4.      Tujuan Instruksionl, yaitu tujuan yang dirumuskan dari bahan pelajaran, topik, atau subtopik yang akan diajarkan oleh guru. Dengan merumuskan dan mengetahuj Tujuan Instruksional itu sebelum mengajar, guru dapat membayangkan hasil tingkah laku (behavioral objectives) apa yang seharusnya dicapai murid setelah melakukan kegiatan belajar tertentu, di samping alat evaluasi belajar, metode-metode mengajar serta kegiatan-kegjatan belajar yang sesuai/relevan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan
BACA JUGA  BADAN INTERNASIONAL YANG MENGATUR JUAL BELI OFFLINE DAN JUAL BELI ONLINE

One thought on “KEDUDUKAN EVALUASI DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *