KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH

150 views
KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah bertindak sebagai Motivator adalah Kemampuan memberi dorongan agar seluruh komponen pendidikan dapat berkembang secara professional.( http://manajerialpendidikan.blogspot.com)
Seorang pemimimpin juga harus memiliki kemampuan :
a.    Conceptual : ( Pemahaman luas tentang  sekolah sebagai organisasi terbuka, manajemen , teknologi pendidikan, pembelajaran, organisasi pembelajar )
b.    Transpormasional : ( Mentransformasikan visi bersama dalam karya nyata, menumbuhkan sensitivitas sekolah milik bersama, mengubah potensi sumber daya dalam karya nyata )
c.    Entrepreneurship : ( Merangsang sumber daya sekolah untuk berkreasi, bernegosiasi, bekerja sama untuk menghasilkan hasrat bagi sekolah. Mendorong spirit untuk berani mengambil resiko)
d.   Technical : ( Menguasai ketrampilan manajerial, mengerti proses, prosedur dan strategi menjadi organisasi pembelajar )
e.    Human Being Process : ( Memberdayakan, mendorong, mesugesti, menumbuhkan dan membangun kepercayaan warga sekolah ).
Kepala Sekolah bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan Sekolah, mengatur proses kegitan belajar mengajar, mengatur hal-hal yang menyangkut kesiswaan, personalia, sarana dan prasarana yang dibutuhkan terutama dalam memperlancar kegiatan belajar mengajar dikelas, ketatausahaan, keuangan, serta mengatur hubungan dengan masyarakat, serta usaha pencapaian mutu yang baik. Selain itu juga harus bertanggung jawab terhadap keadaan lingkungan Sekolah baik secara fisik maupun non fisik, serta bertanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan pegawai administrasi.
Untuk dapat menjalankan fungsi dan tanggung jawab yang sedemikian besar, maka kepala Sekolah harus memiliki kreativitas serta ide-ide dan inisiatif yang menunjang perkembangan sekolah yang dipimpin.
Kepala sekolah juga merupakan seorang suri tauladan / panutan di sekolah yang dipimpin. Betapa banyak yang harus dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk menjalankan fungsinya secara efektif, karena memang banyak unsur yang terdapat dalam suatu lembaga atau insitusi (pendidikan) itu karena “…suatu perkumpulan baru dinyatakan sebagai sebagai institusi (lembaga) bila di dalamnya ada unsur-unsur sistem sosial yang teratur”, seperti yang dikemukakan oleh Loomis yang dikutip oleh Wahyu Ms unsur-unsur tersebut yaitu :
1.    Kepercayaan
2.    Sentimen
3.    Tujuan
4.    Norma
5.    Status-peranan (kedudukan)
6.    Ranking
7.    Power
8.    Sanksi
9.    Fasilitas(Wahyu Ms)
BACA JUGA  MANFAAT LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK BELAJAR MENGAJAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *