KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

328 views
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
Dalam mengelola sekolah/Pesantren, Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat besar. Kepala Sekolah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan menuju sekolah dan pendidikan secara luas. Sebagai pengelola institusi satuan pendidikan, Kepala Sekolah dituntut untuk selalu meningkatkan efektifitas kinerjanya. Untuk mencapai mutu sekolah yang efektif, Kepala Sekolah dan seluruh staff sekolahharus bahu-membahu berkerja sama dengan penuh kekompakan dalam segala hal, Oleh karenanya, Kepala Sekolah perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan suatu program sekolah dan pendidikan secara luas karena tugas kepala sekolah selaku Pemimpin adalah sebagai “…EMASLIM yaitu educator, menager, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator.”( Mukhtar dkk )  Untuk lebih rinci mengenai tugas kepala sekolah selaku EMASLIM dapat diuraikan sebagai berikut :
1.    Kepala Sekolah Sebagai Educator
Kepala Sekolah sebagai Educator / Pendidik bermakna sebagai sebuah proses pembentukan karakter yang didasari nilai-nilai dari Esensi Pendidikan.
2.    Kepala Sekolah sebagai Menager
Kepala Sekolah sebagai Manajer bermakna adalah seluruh kemampuan dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan institusi pendidikan secara efektif dan efisien melalui fungsi – fungsi manajerial.
3.    Kepala Sekolah sebagai Administrator
Kepala Sekolah sebagai Administrator bermakna Kepala Sekolah adalah insan yang mengatur Sistem Administrasi.
4.    Kepala Sekolah sebagai Supervisor
Kepala Sekolah sebagai Supervisor adalah upaya – upaya dalam membantu dan mengembangkan profesionalitas guru.
5.    Kepala Sekolah sebagai Leader
Kepala Sekolah sebagai Leader / Pemimpin , adalah upaya-upaya untuk mempengaruhi orang-orang untuk bekerjasama mencapai tujuan.
6.    Kepala Sekolah sebagai Inovator
 Kepala Sekolah sebagai Inovator adalah pribadi yang dinamis dan kreatif , yang tidak terjebak pada suatu rutinitas.
7.    Kepala Sekolah sebagai Motivator
BACA JUGA  PENGERTIAN REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *