KONSTRUKTIVISME

154 views
KONSTRUKTIVISME

Perkembangan ilmu pendidikan pada dasawarsa terakhir menunjukkan bahwa dalarn proses belajar seseorang membangun ilnlu pengetahuan mengenai alam berdasarkan apa yang terjadi di sekitarnya. Pandangan disebut “Konstruktivisme” (Nggandi Katu, 1995:  2).  Peserta didik membangun pengetahuan sendiri, dan tidak hanya menangkap dan memantulkan kembali apa yang diceritakan pada mereka atau apa yang mereka baca, tetapi n~ereka berusaha menemukan arti dan akan mencari keteraturan dan kecenderungan dari gejala-gejala alam yang diamati (Strike,  1983:34).
Menurut pandangan konstruktivisme,  pikiran (otak) manusia bukanlah merupa-kan konsulilen pasif. Informasi yang diterima baik yang diberikan guru, dibaca, dilihat, dirasakan, atau yang didengar, diproses secara aktif, dan dipilih mana yang penting dan yang tidak penting. Sama halnya apa yang dilakukan para ilmuan dalam menyaring informasi yang diterimanya.
Proses ini dilakukan secara sadar dcngan rncngacu kapacla pcngctahuan yang sudah dimiliki. Selanjutnya  informusi  baru itu diberi arti dan lnenjadi pengetahuan baru. Menurut pandangan ini, setiap individu secara sendiri-sendiri aktif dalam membangun, merombak, serta mengembangkan pengetahuan mereka. Fungsi guru bukan lagi sebagai satu-satunya penyaji inforlnasi di dalam kelas, yang tujuannya rnengajari siswa supaya tahu, tetapi sebaliknya sebagai nara sumber yang berperan aktif dalam menlpersiapkan fasilitas belajar n~enga-jar yang kondusif.

Pembelajaran yang cocok diberikan kepada mahasiswa untuk tujuan ini adalah dengall mengaktifkan terlebih dahulu pengetahuan awal mereka tentang konsep yang akan dibahas di depan kelas. Jadi pada saat pembelajaran dimulai mahasiswa telah mempunyai pengetahuan  awal yang bisa “dikaitkan”  dengan pengetahuan pembelajaran yang baru. Pada saat inilah terjacli “konstruksi” pengetahuan baru yang lebih bermakna, sehingga terbentuklan “meaningful learning” pada diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *