MANFAAT LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK BELAJAR MENGAJAR

1,428 views

Anak yang telah mengalami proses belajar monoton yang bersifat rutinitas di ruang kelas. Lama kelamaan akan mendatangkan kebosanan pada anak jika tidak dicarikan solusi variasi model pembelajaran. Idealnya pembelajaran diruang kelas memerlukan fasilitas dan sumber belajar yang memadai. Alokasi waktu belajar yang cukup untuk mempelajari suatu disiplin ilmu. Guru perlu memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang relevan dengan mata pelajaran. Menurut Hasbullah (2013:35) manfaat lingkungan sekolah dalam proses belajar mengajar antara lain:
MANFAAT LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK BELAJAR MENGAJAR1.    Mengatasi kebosanan dalam belajar. Belajar dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar akan meredakan kebosanan siswa.
2.    Memberikan suasana belajar yang unik bagi siswa. Variasi belajar antara di dalam dengan di luar kelas akan memberikan suasana yang unik dan mengasikkan bagi siswa. Ini akan meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mendalami materi pelajaran.
3.    Kesempatan untuk menerapkan teori. Dengan memanfaatkan lingkungan , siswa dapat menguji teori yang diperolehnya dengan mempraktikkan dilingkungannya secara langsung.
4.    Siswa dapat belajar mandiri. Belajar diluar kelas sesungguhnya memberi kesempatan pada siswa untuk mandiri.
5.    Memperluas wawasan berfikir siswa. Memanfaatkan lingkungan sekitarnya sebagai sumber balajar akan memperluas wawasan berfikir siswa tentang alam, sosial, dan lingkungan sesungguhnya.
6.    Meningkatkan prestasi belajar. Prestasi belajar siswa akan dapat ditingkatkan secara optimal bila memanfaatkan sumber belajar yang mendukung, termasuk lingkungan alam, sosial dan budaya.

BACA JUGA  PENGERTIAN LINGKUNGAN KELUARGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *