METODE PEMBELAJARAN SOCRATES

1,048 views
METODE PEMBELAJARAN SOCRATES
Socrates adalah seorang Filasafat klasik Nama Socrates diambil sebagai metode dalam pembelajaran yang disebut dengan socratis. Socrates lahir di Athena tahun 470 SM dan meninggal pada tahun 399 SM. (M.solihin : 2006, hlm.77)
Menurut Socrates, ada kebenaran objektif, yang tidak bergantung pada aku atau kita. untuk membuktikan adanya kebenaran objektif, Socrates menggunakan metode tertentu. Metode itu bersifat praktis dan dijalankan melalui percakapan-percakapan. Ia menganalisis pendapat-pendapat, setiap orang mempunyai pendapat mengenai salah dan benar. (Atang Abdul Hakim, Beni Ahmad Saebani : 2008. hlm.179)
Ungkapan diatas sejalan dengan yang dikatakan oleh M.Solihin bahwa untuk membuktikan adanya kebenaran yang bersifat objektif, Socrates menggunakan metode dialektika, berasal dari kata yunani dialegesthai yang berarti bercakap-cakap atau berdialog.(M.solihin : 2006. hlm.81)
Socrates dan plato percaya bahwa semua pengetahuan dan pemahaman, entah bagaimana, sudah ada dalam diri pelajar dan pembelajar dan hanya perlu diungkit dan diangkat (ditarik keluar) ke kesadaran melalui taktik-taktik( Win Wenger : 2000. hlm.291)
Implementasi penerapan metode socratis dalam pembelajaran adalah dengan langkah sebagai berikut :
1.     Menyiapkan deretan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada siswa, dengan memberi tanda atau kode-kode tertentu yang diperlukan
2.     Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dan siswa diharapkan dapat menemukan jawabannya yang benar
3.     Jika pertanyaan yang diajukan itu terjawab oleh siswa, maka guru dapat melanjutkan/mengalihkan pertanyaan berikutnya hingga semua soal dapat selesai terjawab oleh siswa.
4.     Jika pada setiap soal pertanyaan yang diajukan ternyata belum memenuhi tujuan, maka guru hendaknya mengulangi kembali pertanyaan tersebut. Dengan cara memberikan sedikit ilustrasi, apersepsi dan sekedar meningkatkan dan memudahkan berpikir siswa,  dalam menemukan jawaban yang tepat dan cermat (http://alhafizh84.wordpress.com/2010/02/04/metode-socrates-socrates-method/)
Dengan diterapkannya metode Socratis dalam proses pembelajaran maka diharapakan :
1.      Membimbing siswa berpikir rasional dan ilmiah
2.      Mendorong siswa untuk aktif belajar dan menguasai ilustrasi pengetahuan
3.      Menumbuhkan motivasi dan keberanian dalam mengemukakan pendapat dan pikiran sendiri
4.      Memupuk rasa percaya pada diri sendiri
5. Meningkatkan partisipasi siswa dan berlomba-lomba dalam belajar yang menimbulkan persaingan yang dinamis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *