METODE PENGUMPULAN DATA

286 views
METODE PENGUMPULAN DATA

Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode Observasi, wawancara, serta dokumentasi, karena Jenis metode yang dipilih dan digunakan dalam pengumpulan data, tentunya harus sesuai dengan sifat dan karakteristik penelitian yang dilakukan.
a.         Metode Observasi (Observation)
Margono mengungkapkan mengenai pengertian observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. (Margono. 2005 : 158)
Teknik observasi digunakan bila, penelitian berkenaan dengan prilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan bila responden tidak terlalu yang diamati tidak terlalu besar. Teknik ini dari segi proses pelaksanaan pengumpulan data, observasi dapat dibedakan menajadi participant observation (observasi berperan serta) dan non participant observation, selanjutnya dari segi instrument yang digunakan, maka observasi dapat dibedakan menjadi observasi terstruktur dan tidak terstruktur.(Sugiyono, 2007 : 145)
Yang dimaksud dengan participant observation “…Peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sumber data penelitian. Sedangkan yang dimasud dengan non participant observation (observasi tidak langsung) aitu observasi atau pengamatan yang dilakukan tidak pada saat berlangusngnya suatu peristiwa yang akan diteliti, misalnya dilakukan melalui film, slide, atau rangkaian foto. (Sugiyono, 2007 : 67)
Dalam metode observasi ini peneliti menggunakan metode obsevasi participant observation. Dan instrument yang digunakan yaitu observasi terstruktur yaitu “…observasi yang telah dirancang secara sistematis, tentang apa yang akan diamati, kapan di mana tempatnya.” (Sugiyono, 2007 : 146)
b.    Dokumentasi
Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, Surat Kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan lain sebagainya. (Suharsimi Arikunto, 2004 : 22)

Selama observasi dilaksanakan., peneliti membuat catatan lapangan secara terus-menerus. Catatan lapangan merupakan catatan tentang apa yang didengar, dilihat, dialami, dan dipikirkan dalam rangka pengumpulan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *