PEMBELAJARAN MATEMATIKA

266 views
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pada mata pelajaran matematika sangat berperan penting membantu mata pelajaran lain seperti : ekonomi, fisika , kimia, dan lainnya. Penguasaan matematika yang baik akan menjadi dasar yang kuat untuk mempelajari mata pelajaran lainnya. Menyadari akan pentingnya matematika maka perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan hasil pendidikan matematika (Reni Akbar-Hawadi, 2004 : 5-6).
Pembelajaran matematika sebagai suatu system merupakan suatu pendekatan belajar yang menekankan hubungan sistematik antara berbagai komponen di dalam pengajaran. Hubungan sistematik mempunyai arti bahwa komponen yang terpadu dalam pengajaran sesuai dengan fungsinya saling berhubungan satu sama lainnya dan membentuk satu kesatuan yang dapat dengan mudah diterima oleh siwa
Matematika merupakan disiplin ilmu yang mempunyai karakteristik tertentu bila dibandingkan  dengan disiplin ilmu yang lain. Matematika juga merupakan ilmu tentang logika mengenai bentuk, besaran, sasaran, dan konsep-konsep yang berhubungan dengan jumlah yang banyak membantu perkembangan (Muhibbin Syah, 2000 : 19)
Komponen pengajaran pembelajaran matematika diantaranya adalah metode mengajar. Metode mengajar merupakan salah satu komponen pengajaran dalam proses belajar mengajar. Guru sebagai tenaga pengajar matematika sangat dituntut agar mampu menggunakan dan menempatkan metode mengajar yang sesuai. Tidak satupun kegiatan belajar mengajar yang tidak menggunakan metode mengajar. Fungsi metode mengajar itu adalah sebagai alat perangsang yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa, sehingga hasil belajarpun akan lebih baik. Karena materi pembelajaran matematika sangat abstrak.
Pelaksanaan Pembelajaran matematika adalah proses berupa Transper knowlage (Pengetauan) kepada peserta didik melalui melalui proses mengajar sehingga murid mampu dan memperoleh pengetahuan dan kemampuan mempelajari matematika sesuan dengan kompentensu yang ingin dicapai (Reni Akbar-Hawadi, 2004 : 12)

BACA JUGA  PENGERTIAN, HAK KEWAJIBAN DAN BATASAN KONSUMEN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *