PENDEKATAN APRESIASI SENI

1,505 views
PENDEKATAN APRESIASI SENI

Pendekatan  Apresiasi  Seni adalah pendekatan yang menghargai seseorang  sebagai  subyek  yang secara  langsung  menikmati  dan menanggapi karya seni. Apresiasi adalah  upaya  untuk  pengenalan terhadap obyek seni. Apresiasi dapat dimaknai  secara  aktif  dan  pasif. Apresiasi aktif yakni kegiatan  apresiasi dengan melibatkan peserta dalam kegiatan tertentu. Misalnya, seorang  ikut menari, atau juga dapat ditempuh dengan  memberi  tanggapan  atau kritikan terhadap karya yang diamati. Apresiasi pasif dapat dilakukan ketika seseorang menyaksikan pertunjukan tanpa ada tindakan untuk mengkritik atau menilai pertunjukan tersebut.
Apresiasi itu sendiri secara konsep menurut Gove (Dostia dan Aminudin,  1987)  adalah  suatu  pengenalan seni melalui perasaan dan kepekaan batin terhadap seni yang diperkenalkan  sampai  pada  suatu keadaan memahami serta mengakui terhadap nilai-nilai keindahan yang diungkapkan oleh seniman. Sejalan dengan itu Smith (Sutopo, 1989) menyatakan  bahwa  apresiasi merupakan proses pengenalan dan pemahaman nilai karya seni, untuk menghargainya, dan menafsir makna yang terkandung di dalamnya.Bertolak dari konsep dan/atau pemahaman tentang apresiasi dan ekspresi/ kreasi seperti yang telah dikemukakan, jika dihubungkan  dengan  pembelajaran seni  dalam  hubungannya  dengan pencapaian  pendidikan  estetika, tampaknya  akan  menjadi  sarana ketersampaiannya.

Alasan  dari  pemikiran  ini adalah  dalam  berapresiasi  seni mengandung kepekaan estetik, begitu pula dalam berekspresi seni juga mengandung kepekaan estetik, dan dalam berkreasi seni juga bergulat dengan keestetikaan. Proses yang demikian  akan  menjadikan pengalaman estetik bagi peserta didik sesuai  dengan  keinginan  bagi kepentingan  pendidikan  estetika melalui pembelajaran seni tari.
BACA JUGA  POLIGAMI DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *