PENGERTIAN BANK, BANK UMUM, BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)

6,206 views
PENGERTIAN BANK, BANK UMUM, BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)


Bank menurut Undang-undang RI nomor 10 1998 tanggal 10 November 1998 adalah badan hukum yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Menurut Undang-undang RI nomor 10 1998 tanggal 10 November 1998, maka jenis perbankan terdiri dari :
1.      Bank Umum
2.      Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Dimana Bank Pembangunan dan Bank Tabungan berubah menjadi Bank Umum sedangkan Bank Desa, Bank Pasar, Lumbung Desa dan Bank Pegawai menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
Adapun pengertian Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat sesuai dengan Undang-undang nomor 10 tahun 1998 adalah sebagai berikut :
1.      Bank Umum
Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sifat jasa yang diberikan adalah umum, dalam arti dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada. Begitu pula dengan wilayah operasional dapat dilakukan diseluruh wilayah. Bank Umum sering disebut bank komersial (commercial bank).
2.      Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berprinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Artinya disini kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum.
BACA JUGA  PENGERTIAN REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *