PENGERTIAN BANK KONVENSIONAL (BANK UMUM) DAN BANK SYARIAH

2,923 views
PENGERTIAN BANK KONVENSIONAL (BANK UMUM) DAN BANK SYARIAH

Pengertian Bank

Bank menurut Undang-undang RI nomor 10 1998 tanggal 10 November 1998 adalah badan hukum yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Menurut Undang-undang RI nomor 10 1998 tanggal 10 November 1998, maka jenis perbankan terdiri dari :
a.     Bank Umum
b.    Bank Prekreditan Rakyat (BPR)
Dimana Bank Pembangunan dan Bank Tabungan berubah menjadi Bank Umum sedangkan Bank Desa, Bank Pasar, Lumbung Desa dan Bank Pegawai menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
Adapun pengertian Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat sesuai dengan Undang-undang nomor 10 tahun 1998 adalah sebagai berikut :
a.             Bank Umum
Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sifat jasa yang diberikan adalah umum, dalam arti dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada. Begitu pula dengan wilayah operasional dapat dilakukan diseluruh wilayah. Bank Umum sering disebut bank komersial (commercial bank).
b.            Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berprinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Artinya disini kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum.
Bank Syariah adalah bank yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga. Bank Islam atau yang biasa disebut dengan Bank Tanpa Bunga, adalah lembaga keuangan/perbankan yang operasionalnya dan produknya dikembangkan berlandaskan pada Al-Quran dan Hadits Nabi SAW. Dengan kata lain, Bank Islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa – jasa lainnya dalam prinsip syariat Islam (Muhammad, 2004,1).
PENGERTIAN BANK KONVENSIONAL (BANK UMUM) DAN BANK SYARIAH

Jenis Bank

Antonio dan Purwaatmadja (1992) membedakan menjadi dua pengertian, yaitu (1) Bank Islam dan Bank yang beroperasi dengan prinsip syariah islam; (2) adalah bank yang tata cara beroperasinya mengacu kepada ketentuan – ketentuan Al-Quran dan Hadits; Sementara bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah islam adalah bank yang yang dalam beroperasinya mengikuti ketentuan – ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalat secara islam. Dikatakan lebih lanjut, dalam tata cara bermuamalat itu dijauhi praktek – praktek yang dikhawatirkan mengandung unsur – unsur riba untuk diisi dengan kegiatan – kegiatan investasi atas dasar bagi hasil dan pembiayaan perdagangan.
PENGERTIAN BANK KONVENSIONAL (BANK UMUM) DAN BANK SYARIAH

Bank Syariah

Mudrajad Kuncoro (2002) mendefinisikan bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip – prinsip syariah Islam yaitu mengacu kepada ketentuan – ketentuan yang ada dalam Al-Quran dan Hadits. Dengan mengacu kepada Al-Quran dan Hadits maka diharapkan bank syariah dapat menghindari praktek – praktek yang mengandung unsur – unsur riba dan melakukan usaha dengan kegiatan investasi atas dasar bagi hasil dan pembiayaan perdagangan.
 Bank syariah sesungguhnya merupakan implementasi nyata dari aspek syariah yang ada pada diri Islam.Aspek syariah didefinisikan sebagai peraturan dan hukum yang berisi perintah dan larangan yang dibebankan oleh Allah Swt. kepada manusia (Karim, 2004, 7). Syaikh Mahmud Syalthut (1959) mengatakan syariah adalah peraturan – peraturan dan hukum yang telah digariskan oleh Allah, atau telah digariskan pokok – pokoknya dan dibebankan kepada kaum muslimin supaya mematuhinya, supaya syariah ini diambil oleh orang Islam sebagai penghubung di antaranya dengan Allah dan di antaranya dengan manusia. Dengan demikian jelas sudah bahwa bank syariah merupakan bank yang berdasarkan aturan – aturan yang ada pada diri Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *