PENGERTIAN BELAJAR

224 views

            Untuk memperoleh pengertian yang objektif tentang belajar terutama belajar di sekolah, perlu dirumuskan secara jelas karena pengertian belajar sudah banyak dikemukan oleh para ahli psikologi termasuk ahli pendidikan.
PENGERTIAN BELAJAR            Menurut Slameto (2010:2-5), pengertian belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut akan nyata dalam seluruh aspek tingkah laku, yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamnnya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
       Selanjutnya menurut Oemar Hamalik (2009:27), Belajar adalah moditifikasi atau mempertegu kelakuan melalui pengalaman , atau belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latian melainkan pengubahan kelakuan.
       Kemudian Syaiful Bahri Djamarah (2011:13), menjelaskan kembali ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar.
1.        Perubahan terjadi secara sadar
Ini berarti bahwa seseorang yang belajar akan menyadari terjadi perubahan itu atau sekurang-kurangnya ia merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.
2.        Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional.
Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri seseorang berlangsung secara kesinambungan tidak statis. Suatu perubahan yang terjadi akan menyebabkan perubahan berikutnya dan akan berguna bagi kehidupan ataupun proses belajar berikutnya.
3.     Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif
Dalam perbuatan belajar, perubahan-pereubahan itu senantiasa bertambah dan tertuju untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian makin banyak usaha belajar itu dilakukan, maakin banyak dan makin baik perubahan yang di peroleh . Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya melainkan karena usha individu itu sendiri.
4.     Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementera
Perubahan sementara atau temporer terjadi untuk beberapa saat saja, seperti berkeringat, keluar air mata, bersin, menangis, dan sebagainya, tidak dapat digolongkan sebagai perubahan dalam arti belajar. Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanen. Ini berati bahwa tingkah laku  yang terjadi setelah belajar  akan bersifat menetap.
5.    Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah
Ini berati bahwa perubahan tingkah laku itu terjadi karena ada tujuan yang ingin di capai. Perubahan belajar terarah kepada perubahan tingka laku yang benar-benar disadari.
6.     Perubahan mencakup seluruh aspek tingka laku
Perubahan yang diperoleh seseorang setelah melalui suatu proses belajar meliputi seluruh perubahan tingka laku. Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan  tingka laku secara menyeluruh dalam sikap, keterampilan, pengetahuan dan sebagainya.

Dari beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektik , dan psikomotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *