PENGERTIAN DAN BENTUK SURAT KABAR

547 views

PENGERTIAN DAN BENTUK SURAT KABAR

Menurut Effendy (1999:241) ”Surat kabar adalah lembaran tercetak  yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan di mana saja diseluruh dunia untuk diketahui pembaca”.
           Menurut undang-undang pers 1982, surat kabar di Indonesia adalah sebagai berikut: ”Lembaga-lembaga kemasyarakatan yang mempunyai hak dan kewajiban antara lain menuntut bahwa pers membantu memperkuat kesatuan nasional dalam meningkatkan kehidupan intelektual rakyat serta mendorong kesertaan masyarakat dalam usaha-usaha pembangunan nasional”.
            Adapun fungsi dari surat kabar itu sendiri adalah untuk memberikan saran informasi yang beragam, pendidikan bagi masyarakat luas serta hiburan dan surat kabar juga mempengaruhi setiap pembacanya. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa surat kabar merupakan penerbitan yang berupa lembaga yang berisi berita-berita karangan, iklan yang dicetak dan diterbitkan secara tetap atau lebih periodik untuk dijual kepada umum. Isi berita di  dalamnya dapat berupa kejadian-kejadian perang, politik dan pemerintahan ekonomi, kecelakaan, bencana, pendidikan serta seni kebudayaan.
Bentuk surat kabar menurut Agee adalah sebagai berikut :
1.      Publisitas adalah penyebaran pada publik atau khalayak
2.      Periodesitas adalah menunjuk pada keteraturan terbitnya, bisa harian, mingguan, atau dwi mingguan
3.      Universalitas adalah menunjuk pada kesemestaan isinya, yang beraneka ragam dan dari seluruh dunia
4.      Aktualitas adalah menunjuk pada keadaan yang ”kini” dan ” sebenarnya”
5.      Terdokumentasikan adalah dari berbagai fakta yang disajikan surat kabar dalam bentuk berita atau artikel, dipastikan ada beberapa diantaranya yang oleh pihak-pihak tertentu dianggap penting untuk diarsipkan dan dibuat kliping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *