PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SARANA KOHESI

1,366 views
PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SARANA KOHESI


”Kohesi adalah hubungan antarkalimat di dalam sebuah wacana, baik dalam strata gramatikal maupun dalam strata leksikal tertentu (Gutwinsky, 1976:26). Untuk dapat memahami wacana dengan baik, diperlukan pengetahuan dan penguasaan kohesi yang baik pula”(Tarigan, 2008:96).

Dalam bahasa, kekohesian atau kepaduan wacana timbul karena adanya keserasian hubungan unsur yang satu dengan unsur yang lain dalam wacana sehingga terciptalah pengertian yang koheren. Kohesi dalam hal ini berkaitan erat dengan konsep yaitu komponen utama sumber pembentukan suatu teks yang terdiri dari dua kalimat atau lebih yang berkaitan.
Dari beberapa pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa:  Kohesi adalah keserasian hubungan antara unsur-unsur   yang  satu dengan  unsur yang lain dalam sebuah wacana. Kohesi merupakan komponen utama sumber pembentukan suatu teks yang terdiri dari dua kalimat atau  lebih yang menunjukkan keterkaitan.
”Kohesi dapat dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kohesi gramatikal dan kohesi leksikal.  Kohesi  gramatikal  meliputi  referensi, substitusi,  elipsis, dan konjungsi dan Kohesi leksikal meliputi repetisi, sinonim, antonim, hiponim, kolokasi  dan ekuivalensi” (Djajasudarma, 1995:72-74). ”Ada dua klasifikasi kohesi yaitu kohesi leksikal dan gramatikal. Kohesi leksikal terdiri dari dua kategori yakni reiterasi dan kolokokasi. Reiterasi terbagi lagi menjadi kategori yakni repetisi, sinonim, superordinat dan general word ’kata umum’. Sementara kohesi gramatikal terbagi atas 4 golongan referensi substitusi, elipsis dan konjungsi. Dalam penelitian  ini  yang  akan  diuraikan  adalah  kohesi  gramatikal, kohesi  gramatikal  mengacu  pada  hubungan  antara unsur dalam  teks  yang direalisasiakan melalui tata bahasa” (Hasan, 1976:4)
BACA JUGA  PENGERTIAN BELAJAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *