PENGERTIAN, HAK KEWAJIBAN DAN BATASAN KONSUMEN

2,398 views
PENGERTIAN, HAK KEWAJIBAN DAN BATASAN KONSUMEN

PENGERTIAN KONSUMEN

Istilah konsumen berasal dari alih bahasa dari kata Consumer (Inggris-Amerika), atau consument/konsument (Belanda). Secara harfiah arti kata consumer adalah (lawan dari produsen) setiap orang yang menggunakan barang.
Menurut UU No 8 Tahun 1999 dijelaskan bahwa konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tindak untuk diperdagangkan. Menurut Kotler, konsumen adalah individu dan kaum rumah tangga untuk tujuan penggunaan personal, produsen adalah individu atau organisasi yang melakukan pembelian untuk tujuan produksi.

BATASAN KONSUMEN

PENGERTIAN, HAK KEWAJIBAN DAN BATASAN KONSUMEN

Seperti yang dikutip Celina, Az. Nasution menegaskan beberapa batasan tentang konsumen, yakni:
1.    Konsumen adalah setiap orang yang mendapatkan barang atau jasa digunakan untuk tujuan tertentu.
2.    Konsumen antara adalah setiap orang yang mendapatkan barang dan/atau jasa untuk digunakan dengan tujuan membuat barang/jasa lain atau untuk diperdagangkan (tujuan komersial)
3.    Konsumen akhir, adalah setiap orang alami yang mendapat dan menggunakan barang dan/atau jasa untuk tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya pribadi, keluarga dan atau rumah tangga dan tidak untuk diperdagangkan kembali (nonkomersial).
Konsumen merupakan pihak yang mempunyai peranan penting dalam transaksi jual beli barang. Konsumen mempunyai hubungan kontraktual pribadi dengan produsen atau penjual. Konsumen tidak hanya sebagai pembeli saja, tetapi yang mengkonsumsi barang atau jasa tersebut.

HAK DAN KEWAJIBAN KONSUMEN

PENGERTIAN, HAK KEWAJIBAN DAN BATASAN KONSUMEN
Konsumen mempunyai hak dan kewajiban, seperti yang disebutkan dalam pasal 4 dan pasal 5 Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Hak konsumen adalah:
1.    Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.
2.    Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
3.    Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
4.    Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
5.    Hak untuk mendapat advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
6.    Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
7.    Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan /atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagai mestinya.
8.    Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundangundangan lainnya.
Kewajiban konsumen adalah:
1.    Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan.
2.    Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa.
3.    Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
BACA JUGA  Hilangnya Sebuah Negeri Islam Melayu

4.    Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *