PENGERTIAN IKLIM DEMOKRASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IKLIM DEMOKRASI

1,672 views
PENGERTIAN IKLIM DEMOKRASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IKLIM DEMOKRASI

Iklim  merupakan  suatu  keadaan  yang menunjukan suatu kehidupan yang saling berinteraksi,  sehingga  menimbulkan rasa senang atau tidak senang terhadap bidang pekerjaannya. Arti interaksi yang dimaksud adalah adanya hubungan antara atasan dan bawahan serta bawahan dengan bawahan lainnya. Hal ini terjadi dalam proses interaksi adalah  adanya  suatu  komunikasi  yang dijadikan sebagai media untuk menyampaikan pesan sehingga ada hubungan atau respon dari yang menerima informasi.
Iklim organisasi adalah kepribadian suatu organisasi berdasarkan cara pandang anggota organisasi tersebut. Beberapa hal penting dari pengertian iklim organisasi adalah berkaitan dengan persepsi mengenai iklim organisasi berdasarkan atas apa yang dijalankan atau dipercayai oleh anggota organisasi juga hubungan  antara  karakteristik  organisasi lainnya dengan tindakan atasan dan iklim yang dihasilkan.
Iklim merupakan produk akhir dari perilaku sekelompok  orang  yang  berada  dalam organisasi yang meliputi pimpinan puncak (top  manager),  middle  manager,  para supervisor atau low manager serta staf atau karyawan organisasi. Iklim organisasi itu pada akhirnya akan meningkatkan pada kinerja pegawai yang akan memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan lembaganya.
Keith Davis dan John W. Newstrom (1994: 24)  dalam  penelitiannya  menyebutkan beberapa faktor yang dapat mengukur iklim organisasi: Kualitas kepemimpinan, kadar kepercayaan, komunikasi keatas dan ke bawah, perasaan melakukan  pekerjaan  yang  bermanfaat, tanggung jawab, imbalan yang adil, tekanan pekerjaan  yang  nalar,  kesempatan, pengendalian, struktur, dan birokrasi yang nalar dan keterlibatan pegawai.

Selanjutnya Steers (2005: 32) mengemukakan bahwa ada empat faktor yang menentukan iklim  suatu organisasi.  Keempat  faktor tersebut ialah: struktur organisasi, teknologi, lingkungan luar dan kebijakan suatu proses manajemen.
BACA JUGA  PENGERTIAN, LANDASA FILOSOFIS PRILAKU KONSUMEN DALAM HUKUM EKONOMI ISLAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *