PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

227 views
PENGERTIAN KEPEMIMPINAN
Para ahli menajemen telah banyak mengemukakanpengertian kepemimpinan dalam berbagai pandangan yang berbeda satu sama lain, perlu di kemukakan berbagai pendapat para ahli tentang pengertian kepemimpinan sebagai dasar konseptual dalam membahas Kedisiplinan di pesantren annajah sengeti kepemimpinan Kapala Sekolah. Sebelumnya penulis sedikit ingin
     Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto bependapat bahwa:
Kepemimpinan adalah suatu usaha kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian hingga/rupa sehingga tecapai tujuan dari kelompok itu yaitu tujuan bersama.( endiyat Soetopo & Wasty Soemanto)
Sejalan dengan pendapat Stogdill sebgaimana yang dikupit oleh K.Permadi dalam bukunya Pemimpin dan Kepemiminan Dalam Menajemen memberi pengertian tentang pemimpin bahwa
Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi aktivitas kelompok dalam rangka perumusan dan pencapain tujuan(K.Pemradi)
Sedangkan menurut Oteng Sutisna yang Menegaskan mengenai kepemimpinan:
Kepemimpinan dirumuskan sebagai proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha-usaha kearah pencapaian tujuan dalam situasi tertentu(Oteng Sutisna)
Ditegaskan lagi oleh Oemar Hamalik mengenai pengertian kepemimpinan :
Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi orang lain atau kelompok agar mereka berbuat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.( Oemar Hamalik)
Berdasarkan pegertian kepemimpinan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam kepemimpinan melibatkan interaksi antara dua orang atau lebih dan adanya proses mempengaruhi secara sengaja terhadap bawahan guna mencapi tujuan bersama dan dalam setiap kepemimpinan terdapat (Leader) sebagai orang yang mempengaruhi, dan ada pengikut (Follower) sebagai Pihak yang dipengaruhi, serta adanya tujuan yang hendak dicapai.
Kepemimpinan Kepala Sekolah di Pesantren Annajah Sengeti memainkan peranan yang penting dalam keseluruhan upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja, baik pada tingkat individual, pada tingkat kelompok, dan pada tingkat organisasi. Sehubungan dengan hal diatas, Kepala Sekolah di Pesantren Annajah Sengeti harus mampu melihat kerja sama antar berbagai pihak yang ditata kedalam team work dengan dilandasi oleh rasa kepercayaan yang tinggi. Seoang pemimpin harus mampu memanfaatkan kekompakan team work tersebut secara optimal untuk senantiasa memperbaiki serta meningkatkan mutu. Interaksi di semua pihak senantiasa diarahkan pada tercapainya kepuasan mereka atas layanan yang diberikan oleh masing–masing. Dengan demikian, dapat mendorong timbulnya etos kerja professional serta membuka peluang komunikasi secara transparan serta menumbuh kembangkan budaya Disiplon dan mutu. Semua dapat bekerja dalam proses yang Disiplin dan bermutu untuk mencapai hasil yang bermutu pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *