PENGERTIAN LINGKUNGAN

559 views

       Menurut Dalyono (2009:129-130), mengatakan bahwa, pengertian lingkungan secara sempit, seolah-olah lingkungan hanyalah alam sekitar di luar diri manusia/individu.
PENGERTIAN LINGKUNGAN            Lingkungan sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkungan adalah keluarga yang mengasuh dan membesarkan anak, sekolah tempat mendidik, masyarakat tempat anak bergaul juga bermain sehari-hari dan keadaan alam sekitar dengan iklimnya, flora dan faunanya.
            Besar kecilnya pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan dan perkembangannya tergantung pada keadaan lingkungan anak itu sendiri serta jasmani dan rohaninya.
            Di dalam membicarakan faktor lingkungan ini, ada dua unsur lingkungan yang sangat penting peranannya dalam memengaruhi perkembangan intelek anak, yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
            Selanjutnya, Menurut Sartain ( Hasbullah, 2009:32), lingkungan meliputi kondisi  dan alam dunia ini yang dengan cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan dan perkembangan.
            Kemudian Fuad Isan (2013:16), lingkungan dapat diartikan, sebagai segala sesuatu yang berada diluar diri anak. Dalam memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak, usaha sadar dari orang dewasa disebut pendidikan, sedangkan yang lain disebut pengaru.
            Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan adalah segalah sesuatu yang berada diluar diri anakmenckup segenap stimulasi yang diterima oleh individu mulai dari sejak dalam konsensi kelahiran sampai matinya, yang  meliputi kondisi  dan alam dunia ini yang dengan cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan dan perkembangan.

BACA JUGA  KESALAHAN DAN "TAHAP-BAHASA" (INTERLANGUANGE) APPROX-IMATIVE SYSTEM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *