PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

217 views
PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Budaya kerja mungkin paling sering dialami oleh kebanyakan karyawan tapi secara sadar atau tidak itu sangat bisa mempengaruhi performa karyawan dalam bekerja. Namun sebelum membahas lebih lanjut, penulis akan membahas lebih dahulu mengenai pengertian manajemen, kemudian membahas pengertian manajemen sumber daya manusia itu sendiri.
P. Hasibuan mendefinisikan manajemen sebagai “Ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu”. Manajemen ini terdiri dari 6 unsur (6M) yaitu: men, money, methode, materials, machines, dan market. Unsur men (manusia) ini berkembang menjadi suatu ilmu manajemen yang disebut Manajemen Sumber Daya Manusia atau disingkat MSDM yang merupakan terjemahan dari menpower management. Manajemen yang mengatur unsur manusia ini ada yang menyebutnya manajemen kepegawaian atau manajemen personalia (Malayu S.P. Hasibuan :2006).
PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Husein Umar yaitu: “Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari manajemen keorganisasian yang memfokuskan diri pada unsur sumber daya manusia, yang bertugas mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yang puas akan pekerjaannya”. Berdasarkan pengertian di atas, jelas bahwa manajemen secara garis besar menitikberatkan pada aspek manusia dalam hubungan kerja dengan tidak melupakan faktor lainnya. Sedangkan, Manajemen Sumber Daya Manusia menitikberatkan pada bagaimana mengelola karyawan sebagai asset utama perusahaan karena keberhasilan perusahaan tergantung dari kinerja efektif dari karyawan itu sendiri.

BACA JUGA  PENGERTIAN LINGKUNGAN KELUARGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *