PENGERTIAN, PENGARUH DAN KARAKTERISTIK KUALITAS PENDIDIKAN, SEKOLAH

1,009 views


PENGERTIAN, PENGARUH DAN KARAKTERISTIK KUALITAS PENDIDIKAN, SEKOLAH 
Kualitas merupakan kosakata di dalam kehidupan modern. Pendidikan tidak terlepas dari ungkapan berkualitas. Lebih lebih lagi di dalam dunia sekarang yang mengglobal dewasa ini istilah kualitas telah merupakan suatu pengertian sehari-hari. Namun apabila kita berbicara mengenai kualitas pendidikan, maka sangat  sulit untuk diukur apa yang dimaksud dengan kualitas.
“Kualitas pendidikan merupakan sesuatu yang intangible, yang sukar diukur kecuali dengan cara mengkuantitaskan segala cara. Kualitas pendidikan dapat dilihar dari segi ekonomi, sosial politis, sosial budaya, dari prespektif pendidikan itu sendiri (Education Prespective)”. (Tilaar, 2006 :  66 )
“Kualitas sekolah adalah kualitas siswa yang mencerminkan kepuasan penggang, adanya partisipasi aktif menajemen dala proses peningkatan kualitas secara terus menerus”. ( Triatna, 2006 :  8 )
Dalam sistem pendidiakan, kosentrasi terhadap kualitas bukan semata-mata tanggung jawab sekolah dan pemerintahan, tetapi merupakan sinergi antara berbagai komponen termasuk masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat harus sadar mutu, kontribusi terhadap peningkatan kualitas, dan senantiasa memilih kualitas dalam sikap hidupnya.
Lingkungan masyarakat yang turut berpengaruh terhadap perkembangan dan pendidikan anak antara lain :
a.       Situasi politik sebagai keadaan perang atau damai, dan pemerintahan yang memberi atau menindas kebebasan
b.      Situasi ekonomi seperti Negara miskin, Negara berkembang, atau Negara maju. (Aly, 1999 : 211)
Vincent mengatakan bahwa sistem kualitas modern dapat diketahui dari lima karakteristik sebagai berikut :
1.      Sistem kualitas berorientasi dengan kebutuhan pelanggan melaui riset pasar.
2.      Sistem kualitas modern mengutamakan adanya partisipasi aktif menajemen puncak ( top Menagemen ) dalam proses peningkatan kualitas secara terus menerus
3.      Sistem kualitas modern memerlukan adanya pemahaman dari setiap orang akan tanggung jawab dan spesifik terhadap kualitas
4.      Sistem kualitas modern mencagah terhadinya kerusakan, bukan terfokus pada upaya untuk mendeteksi kerusakan saja/
5.      Sistem kualitas modern ditandai oleh adanya falsafah yang memandang bahwa kualitas sebagai cara hidup ( way of life ). (Triatna, 2006 :  15 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *