PENGERTIAN PERANAN

1,899 views
PENGERTIAN PERANAN
Peranan menurut Grass, Mason dan MC Eachern yang dikutip dalam buku pokok-pokok pikiran dalam sosiologi karangan David Bery (1995:100) mendefinisikan peranansebagai perangkat harapan-harapan yang dikenakan pada individu atau kelompok yangmenempati kedudukan sosial tertentu.
Sedangkan dikemukakan oleh Soekanto (2002:243), bahwa peranan (role) merupakan aspek dinamis kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai kedudukannya, maka ia menjalankan suatu peranan.
Berdasarkan dua pengertian di atas, peranan adalah perangkat harapan-harapan yang dikenakan pada individu atau kelompok untuk melaksanakan hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemegang peran sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.

Setiap orang memiliki macam-macam peranan yang berasal dari pola-pola pergaulan hidupya. Hal ini sekaligus berarti bahwa peranan menentukan apa yang diperbuatnya bagi masyarakat serta kesempatan-kesempatan apa yang diberikan oleh masyarakat atau lingkungannya kepadanya.
BACA JUGA  PENGERTIAN TAJUK RENCANA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *