PENGERTIAN PERKEMBANGAN

358 views
PENGERTIAN PERKEMBANGAN

Terdapat berbagai macam definisi yang berkaitan dengan perkembangan. Perkembangan adalah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada kualitas fungsi organ-organ jasmaniah dan bukan pada organ jasmani tersebut sehingga penekanan arti perkembangan terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yang termanifestasi pada kemampuan organ fisiologis. Proses perkembangan akan berlangsung sepanjang kehidupan manusia, sedangkan proses pertumbuhan seringkali akan berhenti jika seorang telah mencapai kematangan fisik (Hartinah, Sitti, 2008: 28).
Perkembangan menunjuk pada perubahan-perubahan dalam bentuk atau bagian tubuh dan integrasi pelbagai bagiannya ke dalam satu kesatuan fungsional bila pertumbuhan itu berlangsung. Tersimpul dari statemen itu bahwa pertumbuhan dapat diukur sedangkan perkembangan dapat diamati gejalagejalanya yaitu perubahan-perubahan dan adanya integrasi. Perkembangan dipersyarati oleh adanya pertumbuhan., ringkasnya kedua istilah itu saling berhubungan satu sama lainnyaPengertian perkembangan menunjuk pada suatu proses kea rah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang kembali (Mappiare, Andi, 1982: 42) Perkembangan menunjuk pada perubahan yang progresif dalam organism, bukan saja perubahan dalam segi fisik (jasmaniah) melainkan juga dalam segi fungsi misalnya kekuatan dan koordinasi (Hamalik, Oemar. 2004: 84)
Perkembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Dimaksudkan bahwa perkembangan merupakan proses perubahan individu yang terjadi dari kematangan (kemampuan seseorang sesuai usia normal) dan pengalaman yang merupakan interaksi antara individu dengan lingkungan sekitar yang menyebabkan perubahan kualitatif dan kuantitatif ( dapat diukur) yang menyebabkan perubahan pada diri individu tersebut Kasiram (1983:23).
Perkembangan mengandung makna adanya pemunculan sifat-sifat yang baru, yang berbeda dari sebelumnya menandung arti bahwa perkembangan merupakan peubahan menuju kesempurnaan yang merupakan penyempurnaan dari sifat-sifat sebelumnya Kasiram (1983:23).

Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian perkembangan yaitu merupakan perubahan kearah yang lebih sempurna yang terjadi dari proses dan berlangsung secara terus menerus. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *