PENGERTIAN REFERENSI

2,611 views
PENGERTIAN REFERENSI

”Secara tradisional referensi berarti hubungan antara kata dengan benda seperti pada kata buku mempunyai referensi (runjukan) kepada sekumpulan kertas yang terjilid untuk ditulis dan dibaca” (Lubis, 1998:29).(Lyons, 1998:29) ”Mengatakan bahwa hubungan antara kata dengan bendanya adalah hubungan referensi : kata-kata menunjuk pada benda”. Pandangan kaum tradisional ini terus berpengaruh dalam bidang linguistik (seperti semantik leksikal) yang menerangkan hubungan yang ada itu adalah hubungan antara bahasa dengan dunia (benda) tanpa memperhatikan si pemakai bahasa tersebut.
Berdasarkan arah acuannya, ”referensi dapat dibagi dua yakni referensi endofora dan referensi eksofora”(Hasan, 1995: 31). Selanjutnya dikatakan ”baik dalam referensi endofora maupun referensi eksofora sesuatu yang direferensikan harus bisa diidentifikasikan” (Rani, 2004:97)
1.      Referensi  Eksofora  adalah  “pengacuan  terhadap  anteseden  di luar  bahasa seperti  manusia, hewan, alam sekitar pada umumnya atau acuan kegiatan”      (Rani, 2004 :98) Contoh : Mobil saya kehabisan bensin, dia yang mengisinya. Pada contoh di atas dia merujuk pada seseorang yang berada di luar   bahasa atau yang tidak mempunyai rujukan bahasa.
2.     Referensi  Endofora adalah ”pengajuan terhadap enteseden yang terdapat di dalam teks”(Rani, 2004:98). Endofora dibedakan menjadi dua, yaitu referensi anafora dan referensi katafora. Referensi  anafora  adalah  referensi  yang  diacu (anteseden)  lebih  dahulu dituturkan sebelum pronomina. Contoh : Nauval hari ini tidak masuk sekolah. Ia ikut ibunya pergi ke Surabaya. Pada contoh di atas kata Ia mengacu pada Nauval yang di depannya.
2.      Referensi katafora adalah referensi yang diacu (anteseden) yang  dituturkan sesudah pronomina. Contoh: Seperti kulitnya, mata Zia juga Khas. Pada contoh di atas pronominal nya pada klausa pertama pada kaliamat di atas mengaju pada enteseden Zia yang terdapat pada klausa kedua kalimat tersebut.
BACA JUGA  SULTAN ISKANDAR MUDA

Dari pengertian di atas dapat dipahami bahwa Referensi merupakan hubungan antara kata dengan benda seperti pada kata buku mempunyai referensi (runjukan) kepada sekumpulan kertas yang terjilid untuk ditulis dan dibaca. Referensi  Eksofora  adalah  pengacuan  terhadap  anteseden  di luar  bahasa seperti  manusia, hewan, alam sekitar pada umumnya atau acuan kegiatan. Referensi Endofora adalah pengajuan terhadap enteseden yang terdapat di dalam teks. Referensi katafora adalah referensi yang diacu (anteseden) yang  dituturkan sesudah pronomina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *