PENGERTIAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)

2,061 views
PENGERTIAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)

Sumber Daya Manusia merupakan asset utama suatu organisasi yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktivitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status dan latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin yang hetorogen yang dibawa ke dalam suatu organisasi (Sudaryanti : 2001).
Marimin mengatakan bahwa sumber daya manusia merupakan salah satu aset organisasi yang menjadi tulang punggung suatu organisasi dalam menjalankan aktivitasnya dan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kemajuan organisasi, sementara Sinurat (2008) mengatakan bahwa sumber daya manusia adalah satu-satunya sumber daya perusahaan yang memiliki kekuasaan untuk merencanakan dan mengendalikan sumber daya yang lain dalam organisasi. Sumber daya manusia adalah satu-satunya sumber daya yang memiliki kekuasaan untuk merencanakan dan mengendalikan kegiatannya sendiri. Pendapat lain yang dikemukakan oleh Siagian juga mengatakan bahwa sumber daya manusia merupakan elemen yang paling strategik dalam organisasi, harus diakui dan diterima oleh manajemen (http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2358474-pengertian-sumber-daya-manusia-menurut/).
PENGERTIAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)

Sumber daya manusia yang cakap, mampu dan terampil belum menjamin produktifitas kerja yang baik, apabila moral kerja dan kedisiplinannya rendah. Mereka baru bermanfaat bila dapat mendukung terwujudnya organisasi. SDM yang kurang mampu, kurang cakap dan tidak trampil, salah satunya mengakibatkan pekerjaan tidak dapat diselesaikan secara optimal dengan cepat dan tepat pada waktunya.
Agar diperoleh SDM yang bermutu, pekerjaan yang dilaksanakan akan menghasilkan sesuatu yang memang dikehendaki antara lain kesesuaian jabatan  dan  pekerjaan  dengan  kemampuan,  kecakapan,  ketrampilan, kepribadian, sikap dan perilaku. sehingga pekerjaan itu dapat diselesaikan sesuai rencana.

BACA JUGA  JENIS JUAL BELI ONLINE

2 thoughts on “PENGERTIAN SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *