PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT 10 PAKAR/AHLI SOSIOLOGI

2,539 views
PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT 10 PAKAR SOSIOLOGI
krisis keluarga dan keretakan keluarga, kesuksesan hidup keluarga, pelapisan sosial dan pengaruhnya pada keluarga. Secara umum, sosiologi keluarga menurut Eshleman menekankan pada studi tentang bagaimana masyarakat dan kelompok sosial termasuk keluarga terorganisir dalam struktur dan proses sosialnya, juga dalam sistem dan kelembagaan sosialnya.
Dari uraian dan pembahasan tersebut di atas, dirumuskan pengertian sosiologi keluarga sebagai ilmu pengetahuan kemasyarakatan yang mempelajari pembentukan keluarga, hubungan dan pengaruh timbal balik dari aneka macam gejala sosial terkait dengan hubungan antar dan intermanusia dalam kelompok (keluarga), sistem dan kelembagaan sosial dengan individu dan/atau sebaliknya, struktur sosial, proses-proses dan perubahan sosial, tindakan sosial, perilaku sosial serta aspek-aspek kelompok maupun produk kehidupan kelompok. Berikut ini definisi-definisi sosiologi yang dikemukakan beberapa 10 ahli yang mendasari perumusan pengertian sosiologi keluarga.

PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT 10 PAKAR/AHLI SOSIOLOGI
1.    Pitirim Sorokin: Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala nonsosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
2.    Roucek dan Warren: Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
3.    William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkof: Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
4.    J.A.A. Van Dorn dan C.J. Lammers: Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan prosesproses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
5.    Max Weber: Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
6.    Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi: Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur social dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.
7.    Paul B. Horton: Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
8.    Soerjono Soekanto: Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan polapola umum kehidupan masyarakat.
9.    William Kornblum: Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi kehidupan kelompok.
BACA JUGA  TIPE KEPEMIMPINAN

10.    E.M. Duval: Sosiologi keluarga (dalam Eshleman) adalah mempelajari aspek-aspek dan tahapan kehidupan keluarga, yaitu masa pacaran dan pemilihan jodoh,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *