PENGERTIAN STRATEGI SECARA UMUM DAN MENURUT PARA AHLI

7,390 views
PENGERTIAN STRATEGI SECARA UMUM DAN MENURUT PARA AHLI
Sebuah perusahaan dalam menghadapi persangan bisnis sebaiknya mempunyai strategi-strategi yang diterapkan agar perusahaan tersebut bisa bertahan dan mampu bersaing dengan para pesaing bisnisnya. Selain itu dengan menetapkan sebuah strategi perusahaan juga memperhatikan beberapa faktor agar bisa menetapkan kebijakan perusahaan dengan benar.
Strategi sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mencapai tujuannya, begitu juga dalam dunia bisnis. Biasanya istilah strategi digunakan dalam perang guna memenangkan pertempuran dengan lawannya, namun kali ini strategi juga dipergunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Adapun pengertian strategi ada beberapa tokoh yang mengemukakan pendapat diantaranya adalah Alfred Chandler mengemukakan strategi adalah penerapan sasaran dalam jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tndakan serta alokasi sumber daya yang di perlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan itu.
PENGERTIAN STRATEGI SECARA UMUM DAN MENURUT PARA AHLI
Buzzel dan Gale sebagaimana dikutip oleh panji anoraga mendefinisikan strategi adalah kebjakan dan keputusan kunci yang digunakan oleh manajemen, yang memiliki dampak besar pada knerja keuangan. Kebijakan dan keputusan ini biasanya melibatkan suberdaya yang penting dan tidak dapat diganti dengan mudah.[1]
Strategi menurut Kenneth Andrew yang dikutip oleh panji anoraga adalah pola sasaran, maksud atau tujuan dan kebijakan, serta rencana-rencana penting  untuk mencapai tujuan itu, yang dinyatakan dengan cara seperti menetapkan bisnis yang dianut oleh perusahaan, dan jens atau akan menjadi jens apa perusahaan ini.[2] Basu Swasta dan Irawan menyatakan bahwa strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut (perusahaan).[3]
Dari definisi di atas jelaslah sebuah perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya harus memiliki strategi yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan agar bisa tercapai sebuah tujuan perusahaan dengan baik, karena apabila sebuah perusahaan tidak memiliki strategi maka akan berakibat di setiap unit organisasinya akan kehilangan arah dan tujuan.


BACA JUGA  PERANAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK

[1] Panji Anoraga, Manajemen Bisnis, (Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004), hal. 339.
[2] Ibid.
[3] Basu Swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2005). hal. 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *