PENGERTIAN TAJUK RENCANA

1,050 views
PENGERTIAN TAJUK RENCANA

Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran serta pembaca. Keaktualan bisa terjadi karena baru saja terjadi, bisa pula karena fenomenal atau kontroversial.
Tiap-tiap koran mungkin saja memiliki istilah “sendiri” untukrubrik-rubriknya, termasuk untuk menyebut tajuk rencana. Istilah-istilah yang digunakan koran untuk menyebut tajuk rencana di antaranya tajuk rencana, editorial.
Dr. Lyle Spencer, dalam bukunya “Editorial Writing” mendefinisikan sebagai berikut “An editorial is a presentations of feck and opinion in concise, logical, pleasing order for sake of entertaining, of influencing opinion, or of interpretating significant news in such a way that its importance to the average reader will be clear”.(Tajuk rencana adalah penyajian fakta dan opini yang disusun secara ringkas, logis dan menyenangkan untuk menghibur, mempengaruhi opini atau menginterprestasikan berita penting sedemikian rupa sehingga yang pentingnya itu menjadi jelas bagi rata-rata pembaca). (Effendy, 2000:134).

Melalui beberapa definisi di atas dapat dipahami bahwa tajuk rencana atau editorial adalah karya tulis yang merupakan pandangan editor terhadap suatu topik. Maka tajuk rencana bersangkutan dengan opini (opinion).
BACA JUGA  KRITERIA PEMBIAYAAN BERMASALAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *