PERMASALAHAN YANG TIMBUL PADA JUAL BELI ONLINE

1,966 views
PERMASALAHAN YANG TIMBUL PADA JUAL BELI ONLINE
Secara garis besar terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada proses transaksi jual beli online, yaitu:
1.    Konsumen tidak dapat langsung mengidentifikasi, melihat, atau menyentuh barang yang akan dipesan.
2.    Ketidakjelasan informasi tentang produk yang ditawarkan dan/atau tidak ada kepastian apakah konsumen telah memperoleh berbagai informasi yang layak diketahui, atau yang sepatutnya dibutuhkan untuk mengambil suatu keputusan dalam bertransaksi.
3.    Tidak jelasnya status subyek hukum dari pelaku usaha.
4.    Tidak ada jaminan keamanan bertransaksi dan privasi serta penjelasan terhadap risiko-risiko yang berkenaan dengan sistem yang digunakan, khususnya dalam hal pembayaran secara elektronik baik dengan credit card maupun elektronik cash.
5. Pembebanan risiko yang tidak berimbang karena umumya terhadap jual beli di internet, pembayaran telah lunas dilakukan di muka oleh konsumen, sedangkan barang belum tentu diterima atau akan menyusul kemudian, karena jaminan yang ada adalah jaminan pengiriman barang yang bukan penerimaan.
6. Transaksi yang bersifat lintas batas negara, borderlass, menimbulkan pertanyaan mengenai yurisdiksi hukum Negara mana yang sepatutnya dilakukan.
Pada kenyataannya, meskipun ada banyak permasalahan yang muncul dan terjadi dalam transaksi jual beli online, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan para konsumen untuk tetap berbelanja lewat transaksi online.
BACA JUGA  PENGERTIAN BANK, BANK UMUM, BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *