PROSES PEMBERIAN PEMBIAYAAN PADA BANK PART I

265 views
Terdapat tiga tahapan dalam prosese pembirian pembiayaan pada Bank Yaitu:
     Tahap Permohonan
PROSES PEMBERIAN PEMBIAYAAN PADA BANK PART I
Terdapat tiga tahapan dalam prosese pembirian pembiayaan pada Bank Yaitu:
     Tahap Permohonan
     Tahap Kelayakan Pembiayaan
     Pengumpulan Data dan Peninjauan Aggunan
1.    Permohonan Pembiayaan
Tahap awal proses pembiayaan adalah permohonan pembiayaan. Inisiatif pengajuan pembiayaan biasanya datang dari nasabah yang biasanya kekurangan dana. Namun demikian dalam perkembangannya inisiatif tersebut tidak mesti datang dari nasabah, tetapi juga dapat muncul dari pihak Account Officer lembaga, Account Officer yang berjiwa bisnis biasanya mampu menangkap peluang usaha tertentu. Hal-hal yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan tindak lanjut sebuah usaha atau proyek antara lain:
a.       Trend usaha: account officer harus memiliki wawasan yang luas tentang usaha-usaha yang sedang menjadi isu nasional, baik sebuah usaha yang prospektif, usaha-usaha yang gagal maupun usaha-usaha yang memiliki unsur penipuan belaka. Dengan demikian account officer dapat menolak sebuah pengajuan pembiayaan yang tidak sejalan dengan kebikjakan sebuah lembaga keuangan.
b.      Peluang bisnis: untuk melihat sebuah peluang usaha diperlukan intuisi yang tinggi disamping wawasan bisnis yang kuat. Usaha/ proyek yang memiliki peluang atau prospek yang tidak baik merupakan bagian usaha yang sedang trend. Usaha yang sedang trend biasanya bukan merupakan sebuah peluang bisnis karena bisa saja menjadi jenuh karena terlalu banyak “pemain” hal ini dapat digunakan oleh account officer untuk menindaklanjuti suatu permohonan pembiayaan.
c.       Reputasi bisnis perusahaan: reputasi yang baik serta pengalaman bisnis yang lama bisa menjadi sebuah langkah awal untuk menentukan keputusan awal yang harus dibuat.
d.      Reputasi manajemen: terkadang terdapat perusahan baru yang mengajukan permohonan pembiayaan, namun dikendalikan oleh manajemen yang memiliki reputasi dan pengalaman bisnis yang sama atau sejenis. Hal ini pun dapat menjadi salah satu pertimbangan pengambilan keputusan tindak lanjut sebuah permohonan pembiayaan.
BACA JUGA  METODE PEDEKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Penolakan awal sebuah permohonan sangat diperlukan untuk kepentingan calon nasabah sendiri untuk mengambil keputusan seperti mengajukan permohonan ke lembaga lain. Untuk itu terkadang penolakan dapat dilakukan secara lisan untuk efisiensi waktu. Namun sebaliknya apabila dirasa sebuah permohonan pembiayaan dapat ditindaklanjuti, maka prosesnya dapat diteruskan pada pengumpulan data dan investigasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *