SEKILAS TENTANG DUNIA PENDIDIKAN

109 views
       Dalam dunia pendidikan sekarang kita melihat banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah seperti hal-hal yang berkaitan dengan Undang-undang Pendidikan Nasional, Usaha peningkatan dana Pendidikan, perubahan Kurikulum. Hal tersebut diharapkan dapat memecahkan permasalahan pendidikan, dan juga diharapkan tercitnya hal yang positif bagi peningkatan pendidikan. Bila melihat lebih spesifik dan kita tinjau dari sudut lulusan maka output sekolah adalah lulusan yang dapat memberi mamfaat, maka dari itu Upaya penyelenggaraan pendidikan formal yang bermutu sangat diperlukan dan ini sangat berkaitan erat dengan kejelian dan ketepatan dalam mengidentifikasikan program operasional pendidikan. Ini berarti bahwa kemampuan manajerial kepala sekolah dan layanan profesional tenaga pendidikan sangat di perlukan dan dapat difungsikan secara optimal.
       Oleh karena itu sekolah sebagai unit kerja terdepan yang langsung berhubungan dengan kebutuhan yang nyata di bidang pendidikan, sudah saatnya untuk memiliki kecakapan, serta kemapuan kerja dalam menjalankan program di sekolahnya. Di bawah kepemimpinan kepala sekolah yang profesional, mereka diharapkan mampu menampilkan dan mengembangkan diri sesuai dengan potensinya yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan di Institusinya. Dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan formal menjadi semakin meningkat. 
      Pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena pendidikan salah satu penentu mutu Sumber Daya Manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan melimpahnya kekayaan alam, melainkan pada keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM), karena mutu Sember Daya Manusia (SDM) berkorelasi positif dengan mutu pendidikan. Hal ini searah dengan Tujuan Pendidikan Nasional pada Bab II, Pasal 3 Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Karen itu sangat diperlukan Lembaga atau Instutusi pendidikan yang bermutu yang pada giliran nya menghasilkan lulusan yang bermutu pula.
      Karena pendidikan itu merupakan suatu proses yang bertujuan. setiap proses yang bertujuan tentunya mempunyai ukuran atau yardstick sudah sampai mana perjalana kita dalam mencapai tujuan tersebut. Proses dan hasil dari pendidikan itulah yang akan menjawab apakah Lembaga atau Institusi itu bermutu, karena antara proses dan hasil pendidikan saling berhubungan. Akan tetapi agar proses yang baik itu tidak salah arah, maka mutu harus dirumuskan lebih dahulu oleh sekolah, dan harus jelas target yang akan dicapai untuk setiap tahun atau kurun waktu tertentu dan berabagai input dan proses harus selalu mengacu pada mutu (output) yang ingin dicapai. Dengan kata lain tanggung jawab sekolah dalam pengembangan bukan hanya pada proses, tetapi juga bertanggung jawab pada hasil yang dicapai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *