TEKNOLOGI Wi-Fi

169 views

TEKNOLOGI Wi-Fi
Wi-Fi dikenal juga dengan teknologi nirekabel. Wi-Fi adalah sebuah brand yang diberikan oleh Wi-Fi Alliance untuk jaringan wireless. Wi-Fi Alliance sendiri adalah sebuah Organisasi yang  mengatur produk-produk Wi-Fi. Dengan teknologi ini kita dimungkinkan mengakses internet tampa harus menggunakan kabel. Teknologi Wi-Fi ini memancarkan koneksi internet sebagai gelombang radio.
Untuk saat ini dikenal beberapa versi Wi-Fi, yakni 802.11a, 802.11b dan vrsi 802.11g (kemungkinan ada tambahan yang lain). Masing-masing versi ini memiliki metode transmisi da penerimaan data yang berbeda-beda. Teknologi 802.11b and 802.11g memiliki kecocokan satu sama lain sehingga bila anda menggunakan teknologi 802.11b, anda juga bisa menggunakan teknologi 802.11g dengan SpeedBooster, maka pastilah Wireless Router dan Wireless Card yang anda gunakan dapat mendukung teknologi ini.
Teknologi wireless atau nirekabel populer dan banyak disukai orang karena memiliki sejumlah kelebihan, diantara kelebihan teknologi Wireless atau nirekabel adalah:
1.    Mendukung kebebasan beraktivitas
Seperti hanya ponsel, komputer yang menggunakan teknologi Wi-Fi bisa dioperasikan dario berbagai tempat. Kita bisa berpindah tempat, misalnya si dapur atau teras rumah. Kita juga bisa membawa komputer ke tempat-tempat umum dan mengakses internet di area-area umum hotspot Wi-Fi seperti kafe, bandara, Mall, dan tempat-tempat umum yang telah dijadikan sebagai area umum hotspot Wi-Fi.
2.    Memiliki setting yang lebih mudah
Kemudahan ini diperoleh karena kita tidak perlu mengatur kabel melalui tembok atau atap untuk menghubungkan komputer-komputer yang berada di lokasi berbeda.
3.    Memiliki jangkauan yang lebih luas
Bila jaringan kabel memiliki jangkauan yang bergantung pada panjang kabel, jaringan nirekabel atau Wi-Fi bisa diatur agar memiliki jangkauan yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan
4.    Menghemat pengadaan perangkat pendukung komputer
Dalam sebuah jaringan Wi-Fi atau nirekabel, kita bisa menggunakan perangkat pendukung komputer seperti scanner atau printer secara bersama-sama untuk beberapa komputer sekaligus. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya pengadaan perangkat pendukung komputer. Selain itu, biaya bisa semakin ditekan karena kita tidak perlu menyediakan kabel-kabel untuk menghubungkan komputer.
Selain ada kelebihan tentunya ada pula kekurangan yang dimiliki teknologi Wi-Fi atau nirkabel, diantara kekurangan teknologi Wi-Fi atau nirekabel ini adalah:
1.    Gangguan gelombang radio
Teknologi Wi-Fi atau nirekabel menggunakan gelombang radio untuk mengirim data. Gelombang ini bisa terganggu oleh kehadiran gelombang radio lain, misalnya dari oven microwave atau ponsel. Kelemahan ini bisa disiasati dengan menjauhkan perangkat-perangkat yang memiliki gelombang radio frekuensi tinggi dari area jaringan wireless.
2.    Gangguan Keamanan
Orang-orang yang tidak berkepentingan bisa membajak sinyal Wi-Fi yang tidak diatur keamanannya dan menggunakan sinyal tersebut untuk kepentingan mereka, misalnya untuk mengakses internet tampa izin (tidak berbayar seperti phreaker etc.) atau mengambil informasi pribadi (sperti hacker etc.)  yang kita miliki. Untuk mengatasi gangguan ini, maka perlu dilakukan pengaturan keamanan pada jaringan wireless seperti:
a.    Mengguanakan WEP atau WPA-PSK (bukan pekerja sex komersial J)
b.    Mengurangi jangkauan jaringan anda
c.    Mengubah password default wireless router
d.   Menonaktifkan penyiaran SSID (service set identifier)
e.    Mengubah default SSID wireless router
BACA JUGA  Download Adobe Photoshop Elements 6 dan Abobe Premiere Elements 4 Full

3 thoughts on “TEKNOLOGI Wi-Fi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *