UNSUR-UNSUR LINGKUNGAN SEKOLAH

5,186 views
Menurut Hasbullah (2013:46) lingkungan sekolah meliputi: lingkungan fisik, lingkungan sosial dan lingkungan akademis.
1.    Lingkungan fisik sekolah
UNSUR-UNSUR LINGKUNGAN SEKOLAHa.     Sarana sekolah. Gedung sekolah misalnya sebagai tempat yang strategis bagi kelangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Salah satu persyaratan untuk membuat suatu sekolah adalah pemilikan gedung sekolah yang ada didalamnya ada ruang kelas, ruang BP, ruang tata usaha, auditorium, dan halaman sekolah yang memadai serta memiliki ruang kesenian dan ruang ibadah. Semua bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan anak didik. Suatu sekolah yang kekurangan ruang kelas, sementara jumlah anak didik yang dimiliki dalam jumlah yang banyak melebihi daya tampung kelas, akan menemukan masalah. Kegiatan belajar mengajar berlangsung kurang kondusif, pengelaloaan kelas kurang efektif, konflik antar anak sukar dihindari, penempatan anak secara proporsional sering terabaikan. Serta pertimbangan material dengan menerima anak didik yang masuk dalam jumlah yang banyak, melebihi kapasitas kelas adalah kebijakan yang cenderung mengabaikan aspek kualitas pendidikan. Hal ini harus dihindari bila ingin bersaing dalam peningkatan mutu pendidikan. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang berkualitas, sekolah harus memenuhi beberapa hal yaitu :
1.        Memiliki ruang kelas yang memadai.
2.        Meja dan kursi dalam keadaan baik (layak pakai).
3.        Tempat parkir yang memadai.
4.        Memilikitoilet dan kamarmandi yang bersih.
5.        Memiliki laboratorium untuk praktek.
6.        Memiliki lapangan atau aula untuk olah raga.
7.        Memiliki ruang ibadah.
8.        Memiliki ruang kesenian.
b.    Prasarana sekolah. Selain masalah sarana, kelengkapan sekolah juga tidak bisa diabaikan. Lengkap tidaknya buku-buku diperpustakaan ikut menentukan kualitas suatu sekolah. Perpustakaan sekolah adalah laboratorium ilmu. Tempat ini harus menjadi “sahabat karib” anak didik. Di sekolah, kapan dan dimana ada waktu luang anak didik harus datang kesana untuk membaca buku atau meminjam buku demi keberhasilan belajar. Buku pegangan anak didik harus lengkap sebagai penunjang kegiatan belajar. Dengan pemilikian buku sendiri anak didik dapat membaca sendiri kapan dan di manapun ada kesempatan, bisa di sekolah, dirumah, dibawah pohon di pekarangan sekolah dan sebagainya. Pihak sekolah dapat membantu anak didik dengan meminjami anak sejumlah buku yang sesuai dengan kurikulum. Dengan pemberian fasilitas belajar tersebut diharapkan kegiatan belajar anak didik lebih bergairah. Tidak ada alasan bagi anak didik untuk tidak berprestasi  dalam belajar karena bukunya sudah dipinjami oleh pihak sekolah. Kecuali karena faktor lain bukan karena ketiadaan buku. Selain buku pelajaran dan buku bacaan, prasarana lain yang juga tak kalah pentingnya yaitu kelengkapan laboratorium, alat olah raga dan alat tulis. Untuk menunjang proses belajar mengajar perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1.    Memiliki perpustakaan yang lengkap dengan buku pelajaran dan buku bacaan.
2.    Masing-masing anak didik memiliki buku pelajaran sendiri.
3.    Memiliki peralatan laboratorium yang lengkap dan memadai.
4.    Memiliki alat tulis seperti spidol/kapur tulis yang memadai.
c.    Lingkungan sekitar sekolah. Lingkungan sosial budaya diluar sekolah ternyata sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak didik di sekolah. Seperti pembangunan sekolah yang tidak jauh dari hiruk pikuk lalu lintas menimbulkan kegaduhan suasana kelas. Pabrik-pabrik yang didirikan disekitar sekolah dapat menimbulkan kebisingan di dalam kelas. Bagaimana anak didik dapat berkonsentrasi dengan baik bila berbagai gangguan itu selalu terjadi di sekitar anak didik. Selain itu suara bising knalpot kendaraan bermotor tak jarang mengejutkan anak  didik yang sedang berkonsentrasi menerima materi pelajaran dari guru serta suhu udara yang terlalu panas juga dapat menyebabkan anak didik kepanasan, pengap dan tidak betah tinggal di dalamnya. Mengingat pengaruh yang kurang menguntungkan dari lingkungan pabrik, pasar, dan arus lalu lintas serta kondisi lingkungan sekolah yang terlalu panas akan menyebabkan anak didik tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar. Untuk itu mendukung proses belajar mengajar di sekolah, sekolah harus memperhatikan hal-hal berikut :
1.        Sekolah dibangun berada jauh dari hiruk pikuk lalu lintas yang membisingkan.
2.        Sekolah berada jauh dari pabrik dan pasar.
3.        Lingkungan sekitar sekolah yang bersih, rindang dan nyaman.
Dari uraian diatas tentu tidak dapat disangkal bahwa sarana dan prasarana sekolah mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Anak didik tentu dapat belajar dengan baik dan menyenangkan bila suatu sekolah dapat memenuhi segala kebutuhan belajar anak didik. Masalah yang anak didik hadapai  dalam belajar relatif kecil. Hasil belajar anak didik tentu akan lebih baik.
1.      Lingkungan sosial
a.       Hubungan siswa dengan teman-temanyayaitu menciptakan hubungan yang baik antarsiswa adalah perlu, agar dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar siswa. Untuk mencapai hubungan yang baik antara siswa dengan siswa di sekolah diperlukan beberapa indikator, yaitu:
1.    Siswa membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar.
2.    Siswa tidak membeda-bedakan teman dalam bergaul.
3.    Antarsiswa mau bekerja sama dalam belajar kelompok.
b.      Hubungan siswa dengan guru. Proses belajar mengajar terjadi antara guru dengan siswa, proses belajar tersebut juga dipengaruhi oleh hubungan yang ada dalam proses itu sendiri. Jadi cara belajar siswa juga dipengaruhi oleh hubungannya dengan guru. Untuk mencapai hubungan yang baik  antara siswa dengan guru diperlukan beberapa indikator, yaitu:
1.    Siswa yang kurang berinteraksi dengan guru secara akrab menyebabkan proses belajar mengajar menjadi kurang lancar.
2.    Guru memberikan perlakuan yang sama kepada semua siswa.
c.       Hubungan siswa dengan staf sekolah, selain dengan teman dan guru siswa juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan seluruh staf yang ada disekolah tersebut. Karena selain belajar siswa juga harus belajar berinteraksi dengan orang lain. Hubungan antara siswa dengan staf sekolah agar tercipta dengan baik diperlukan beberapa indikator, yaitu:
1.    Siswa dengan staf sekolah bekerjasama dalam menjaga kebersihan sekolah.
2.    Tim BP ramah dalam memberikan layanan administrasi kepada siswa.
2.      Lingkungan Akademis yaitu:
a.       Suasana sekolah. Suasana sekolah yang kondusif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.    Memiliki lingkungan sekolah yang bersih, rindang dan nyaman
2.    Ruang kelas kondusif untuk belajar seperti bersih, rapi dan tidak lembab.
3.    Pencahayaan kelas yang memadai (harus cukup terang).
4.    Ventilasi kelas yang memadai (sirkulasi udara cukup).
b.    Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar guru perlu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa. Indikator pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, sebagai berikut:
1.    cara mengajar guru menarik, bervariasi dan sesuai dengan kemampuan siswa akan memperlancar dalam proses belajar mengajar.
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika siswa kurang mengerti dengan materi yang diajarkan.
3.    Guru membimbing siswa dalam belajar
4.    Adanya interaksi timbal balik dalam proses belajar mengajar.
c.       Tata tertib sekolah. Kedisiplinan sekolah erat hubungannya dengan kerajinan siswa dalam sekolah dan juga dalam belajar. Indikator tata tertib sekolah, yaitu:
1.    Kedisiplinan guru dalam mengajar dan melaksanakan tata tertib.
2.    Kedisiplinan seluruh staf sekolah dalam pekerjaan administrasi dan kebersihan/keteraturan kelas, gedung sekolah, halaman sekolah dan lain-lain.
3.    Kedisiplinan kepala sekolah dalam mengelola seluruh staf beserta siswa-siswanya.
BACA JUGA  PENGERTIAN KEPALA SEKOLAH

4.    Kedisiplinan Tim BP dalam pelayanan kepada siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *